Hati-hati Pakai GB WhatsApp, Inilah Bahaya yang Mengancam Ponsel Anda

27 April 2022 21:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Hati-hati Pakai GB WhatsApp, Inilah Bahaya yang Mengancam Ponsel Anda (Pexels.com/Anton)

JAKARTA - Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan populer yang saat ini digunakan oleh banyak orang untuk saling berkirim pesan. Selain itu, WhatsApp sendiri juga telah menegaskan untuk menjaga privasi penggunanya, salah satunya dengan melakukan enkripsi end-to-end pada platformnya.

Akan tetapi, seperti aplikasi pada umumnya, WhatsApp juga memiliki sisi kelemahan. Selain itu, pengguna juga merasa bahwa aplikasi WhatsApp memiliki banyak keterbatasan yang membuatnya tidak terlalu nyaman untuk digunakan.

Hal ini mungkin memicu munculnya aplikasi WhatsApp alternatif dengan menggunakan nama WhatsApp. Aplikasi tersebut membuat para pengguna tergiur untuk menggunakannya karena menawarkan fitur yang tidak ada di aplikasi perpesanan tersebut.

Salah satu aplikasi alternatif tersebut atau yang kerap disebut dengan WhatsApp Mod adalah WhatsApp GB atau GB WhatsApp. Akan tetapi, Anda tidak dapat menemukan aplikasi ini di toko aplikasi resmi seperti Play Store atau App Store. 

Seperti yang dilansir dari situs GBApps.NET, aplikasi ini memberikan pengalaman menggunakan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp resmi. Namun, pengguna diberikan fitur tambahan seperti dapat menggunakan dua akun dalam perangkat yang sama, mengirim gambar dengan resolusi yang tinggi,  auto reply, font lain sesuai pilihan pengguna, dapat memeriksa riwayat pesan di grup yang telah dihapus, serta dapat menyembunyikan pemberitahuan aplikasi dari layar utama.

Meski banyak fitur yang ditawarkan oleh GP WhatsApp, sebaiknya Anda tidak tergoda untuk menggunakan aplikasi ini. Menggunakan aplikasi pihak ketiga justru akan membuat akun WhatsApp Anda yang asli jadi terblokir secara permanen.

Tidak hanya itu, data pribadi dan privasi Anda di ponsel bisa saja rawan terkena peretasan karena aplikasi ini berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Bisa jadi aplikasi tersebut sudah disusupi oleh virus dan malware.

Untuk itu, sebaiknya Anda tetap berhati-hati saat memasang berbagai aplikasi, seperti aplikasi GB WhatsApp ini. Pilihlah aplikasi yang sudah ada di toko resmi seperti App Store atau Play Store, dan pilih aplikasi yang menjamin data Anda tetap aman.

Berita Terkait