Hati-Hati! Inilah 10 Kota Terburuk di Dunia untuk Dihuni pada Tahun 2022

23 September 2022 21:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Ananda Astri Dianka

Hati-Hati! Inilah 10 Kota Terburuk di Dunia untuk Dihuni (Pexels.com/Jon Zeus)

JAKARTA - Setiap tahun, Economist Intelligence Unite mengadakan survei global yang menghasilkan data mengenai peringkat kota dalam hal stabilitas, budaya, lingkungan, pendidikan, dan perawatan kesehatan. 

Data tersebut digunakan salah satunya untuk mengetahui daerah atau kota mana yang paling layak huni sampai yang terburuk untuk dihuni.

Ada berbagai parameter yang digunakan untuk menghitung kelayakan huni dari suatu kota.  Dari daftar tahun 2022 ini, Eropa memegang gelar untuk kota paling banyak yang masuk dalam kota terbaik di dunia untuk dihuni seperti kota yang ada di Austria, Denmark, Swiss, Jerman, dan Belanda.

Beberapa faktor seperti daya beli, keamanan, dan biaya hidup juga turut menjadi pertimbangan apakah suatu kota layak untuk dihuni atau tidak. Berikut 10 kota terburuk di dunia untuk dihuni yang perlu Anda waspadai.

1. Damaskus, Suriah

Menurut Economist Intelligence Unit (EIU), Damaskus, Suriah merupakan kota terburuk untuk ditinggali. Hal ini karena di kota tersebut masih terdapat serangan, penculikan, dan penahanan warga sipil setiap hari. 

Tidak hanya itu, 53% penduduk di Damaskus merupakan orang miskin. Bahkan, 42% orang miskin di kota harus selalu bergantung pada bantuan untuk dapat bertahan hidup.

2. Lagos, Nigeria

Lagos sebetulnya merupakan pusat keuangan utama Afrika dan bekas ibu kota Nigeria. Lagos mendapatkan peringkat kedua dalam 10 kota terburuk berdasarkan kondisi perawatan kesehatan, infrastruktur, tingkat kejahatan, stabilitas politik, dan aksesibilitas ruang hijau.

3. Tripoli, Libya

Tripoli adalah kota terbesar dan ibu kota Libya. Libya dinyatakan sebagai kota ketiga terburuk untuk ditinggali pada tahun 2022 karena tidak aman. Ketidakamanan tersebut bisa disebabkan karena berbagai faktor seperti kejahatan, terorisme, konflik bersenjata, kerusuhan sipil, dan penculikan.

4. Aljir, Aljazair

Aljir merupakan salah satu kota termiskin di dunia. Tingkat kemiskinan di Aljir dimulai secara besar-besaran usai tahun 1980-an terjadi jatuhnya harga minyak di pasar internasional.

5. Karachi, Pakistan

Karachi merupakan kota terbesar dan ibu kota provinsi Sindh, Pakistan. Sebetulnya, Karachi merupakan kota yang indah untuk dikunjungi. Akan tetapi, karena perawatan kesehatan, aksesibilitas ruang hijau, tingkat kejahatan, stabilitas politik, dan infrastruktur yang buruk membuat Karachi menempati posisi kota terburuk kelima untuk ditinggali.

6. Port Moresby, Papua Nugini

Port Moresby merupakan ibu kota dari Papua Nugini dan saat ini menjadi kota terburuk ke-6 di dunia untuk ditinggali. Menurut Global Liveability Index 2022 EIU, kota ini memiliki peringkat 38,8 berdasarkan tingkat perawatan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

7. Dhaka, Bangladesh

Dhaka merupakan salah satu kota tertua dan ibu kota dari Bangladesh. Kota ini mendapatkan skor 39,2 dari 100 berdasarkan dari berbagai faktor termasuk soal stabilitas dan infrastruktur.

8. Harare, Zimbabwe

Harare merupakan ibu kota Zimbabwe dan mendapatkan skor 40,9 dari 100 dan saat ini menempati posisi kedelapan dalam daftar 10 kota terburuk untuk ditinggali pada tahun 2022.

9. Douala, Kamerun

Douala merupakan kota pantai yang berlokasi di barat daya Kamerun. Saat ini, Douala menempati urutan kesembilan dalam daftar 10 besar kota terburuk di dunia dengan skor 43,3 dari 100.

10. Teheran, Iran

Teheran merupakan kota yang berlokasi di utara Iran sekaligus ibukota negara. Teheran mendapat peringkat ke-10 kota terburuk untuk dihuni pada tahun 2022 karena kota tersebut memiliki stabilitas umum dan masalah politik yang buruk. 

Itu tadi 10 negara terburuk di dunia untuk ditinggali atau dihuni menurut Global Liveability Index 2022 Economist Intelligence Unit (EIU).

Berita Terkait