Hati-Hati! Ini 5 Aplikasi Android Berbahaya yang Harus Segera Dihapus dari Ponsel

24 Oktober 2021 06:03 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

Hati-hati! Ini 5 Aplikasi Android Berbahaya yang Harus Segera Dihapus dari Ponsel (Foto: Pexels.com/Lisa)

JAKARTA - Tidak semua aplikasi di Play Store untuk smartphone Android Anda aman dan harus Anda install. Hal ini karena ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membuat perangkat Anda terkena malware dan masalah keamanan.

Meski Play Store kini tengah berjuang untuk mencegah aplikasi berbahaya, tidak ada salahnya jika Anda lebih waspada untuk tidak menginstall aplikasi berbahaya tersebut. Berikut adalah beberapa aplikasi Android populer tapi berbahaya yang dapat menginfeksi perangkat seluler, mencuri file Anda, bahkan kata sandi penting serta melewati autentikasi dua faktor, seperti yang dilansir dari laman Android Headlines.

1. Music Player

Smartphone biasanya sudah dilengkapi dengan pemutar musik yang sudah berfungsi cukup baik. Namun, jika Anda nekat memasangnya, hal ini dapat mengundang celah yang tidak perlu dalam keamanan ponsel Anda.

2. Browser Tidak Jelas

Banyak orang-orang yang berbagi informasi pribadi melalui browser, mulai dari detail login hingga kebiasaan penjelajahan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya memasang atau install aplikasi browser yang terpercaya saja seperti Chrome. Hindari browser seperti UC Browser dan Dolphin Browser yang diketahui ikut melacak aktivitas Anda.

3. VPN Gratis

Perangkat lunak VPN menjadi suatu alat yang penting untuk menjangkau konten yang diblokir. Namun, tidak semua aplikasi VPN gratis bermanfaat. VPN gratis terkadang ada yang menjual data orang. Oleh karena itu, hindari VPN gratis seperti SuperVPN dan Pacific VPN.

4. Perekam Suara

Seperti halnya pemutar musik, kebanyakan smartphone sudah memiliki aplikasi perekam suara berkualitas tinggi yang secara otomatis sudah terpasang. Oleh karena itu, hindari untuk menginstall aplikasi dari pihak ketiga seperti QRecorder yang diketahui menggunakan trojan AlienBot.

5. Aplikasi Pembersih Memori Smartphone

Meskipun ada aplikasi cleaner dari smartphone yang sah, ternyata sebagian besar aplikasi tersebut bisa berbahaya. Aplikasi cleaner seperti Super Clean, Cleanit, dan Virus Cleaner sudah terbukti berbahaya.

Itu tadi beberapa aplikasi Android populer yang berbahaya jika Anda install di smartphone Anda. Sebaiknya lebih baik berhati-hati daripada harus menanggung risiko seperti data yang tercuri atau terjadi serangan malware pada perangkat Anda.

Berita Terkait