Hasnur Internasional Shipping IPO, Saham HAIS Langsung Meroket ARA

01 September 2021 15:17 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Perusahaan pelayaran PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HIS) akan IPO / Dok. Perseroan (pthis.id)

JAKARTA – Emiten jasa logistik perkapalan PT Hasnur Internasional Shipping Tbk resmi melantai di Papan Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham (ticker) HAIS, Rabu, 1 September 2021. HAIS merupakan anak usaha dari Hasnur Group yang bergerak di bidang transportasi dan logistik.

Perseroan sukses menyelenggarakan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dengan melepas 2.626.250.000 lembar saham pada harga Rp300 per lembar. Sehingga, perseroan meraup dana segar sebanyak Rp787,88 miliar melalui aksi korporasi tersebut.

Pada perdagangan perdananya, harga saham HAIS melonjak 24,67% menyentuh auto reject atas (ARA) ke level Rp374 per lembar saham. Senada dengan pelesatan harga sahamnya, kapitalisasi pasar perseroan saat ini naik menjadi Rp982,22 miliar.

Perseroan memiliki dan mengoperasikan 12 set kapal tunda dan tongkang dengan kapasitas angkut bervariasi, mulai dari 7.500 – 10.000 ton. Total dalam 4 tahun terakhir telah mengangkut 24,48 juta MT batubara. 

HAIS juga memiliki dua anak perusahaan, yakni PT Hasnur Resources Terminal sebagai pemegang izin Badan Usaha Pelabuhan yang bergerak di bidang pengelolaan pelabuhan serta PT Hasnur Mitra Sarana yang bergerak dalam kegiatan bongkar muat dan jasa kepelabuhanan lainnya.

Ke depannya, perseroan ingin menjadi perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, dengan memperhatikan tata kelola perusahaan yang baik, meningkatkan nilai tambah untuk pemegang saham dan menjaga hubungan yang harmonis dengan seluruh stakeholders.

Berita Terkait