Hari Ini, EMTK Mulai Aksi Buyback Saham

JAKARTA – PT Elang Mahkota Tbk (EMTK) mulai melakukan aksi beli kembali (buyback) saham senilai Rp500 miliar. Rencananya, aksi ini akan dilakukan mulai dilakukan 9 November 2020 – 8 Februari 2021.

Manajamen EMTK menjelaskan, buyback tidak akan menyebabkan menyebabkan kekayaan bersih perseroan menjadi lebih kecil dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh. Lagipula, saat ini perseroan telah melakukan penyisihan cadangan wajib sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

“Jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20% dari jumlah modal disetor, dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor dan ditempatkan dalam perseroan harus tetap dimiliki masyarakat,” terang Manajamen EMTK dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 9 November 2020.

Aksi ini akan berdampak pada hilangnya pendapatan bunga atas dana yang digunakan untuk buyback. Namun Manajemen EMTK menyebut, aksi ini tidak akan memengaruhi kegiatan usaha perseroan, mengingat saat ini EMTK masih memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup dan memadai.

Per September 2020, EMTK tercatat memiliki total aset senilai Rp17,63 triliun dengan ekuitas Rp11,3 triliun. Sementara laba bersih perseroan pada periode yang sama mencapai Rp475,58 miliar.

“Perseroan telah memiliki modal kerja yang cukup baik untuk menjalankan seluruh kegiatan usaha, kegiatan pengembangan usaha, kegiatan operasional serta pembelian kembali saham,” pungkas Manajemen EMTK.

Tags:
Buyback sahamEMTKpt elang mahkota tbk
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: