Harga Minyak Mentah Turun, WTI Capai US$118 per Barel

07 Juni 2022 10:20 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Fakhri Rezy

Harga Minyak Mentah Turun Tipis Pagi Ini, WTI Capai US$118 Per Barel

JAKARTA - Harga minyak mentah dunia kembali melonjak tipis pada awal perdagangan Selasa, 7 Juni 2022. Hal ini terjadi di tengah pelonggaran lockdown di China akibat COVID-19 yang merebak.

Harga minyak mentah Brent turun tipis menjadi US$119,70 per barel dari perdagangan kemarin. Sementara harga minyak berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS ikut sedikit turun US$118,75 atau turun sebanyak 0,2% per barel.

Pelonggaran pembatasan perjalanan di China diperkirakan akan meningkatkan permintaan minyak dalam beberapa minggu mendatang. Beijing dan pusat kota komersial di Shanghau juga mulai membuka layanannya baik restoran hingga lalu lintasnya.

Sementara itu pengespor minyak utama yaitu Arab Saudi menaikkan harga jual resmi (OSP) Juli untuk minyak mentah ringan Arab andalannya ke Asia sebesar $2,10 dari Juni menjadi premi $6,50. Penetapan harga tersebut merupakan di atas harga Oman Dubai.

Pekan lalu,OPEC+memutuskan untuk meningkatkan produksi minyak untuk Juli dan Agustus sebesar 648.000 barel per hari atau 50% lebih banyak dari yang direncanakan sebelumnya.

"Sementara peningkatan target bulanan baru terus didorong oleh kontribusi proporsional dari semua peserta (termasuk Rusia), tidak realistis untuk mengharapkan peningkatan yang mendekati angka utama," kata Managing Partner di SPI Asset Management Stephen Innes melansir dari reuters Selasa, 7 Juni 2022.

Berita Terkait