Harga Mi Instan Naik? Ini Strategi Bertahan Hidup Mengatasi Naiknya Harga Pangan

11 Agustus 2022 21:04 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Fakhri Rezy

Harga Mi Instan Naik? Ini Strategi Bertahan Hidup Mengatasi Naiknya Harga Pangan (Freepik.com/jcomp)

JAKARTA - Baru-baru ini dikabarkan harga mi instan akan naik. Hal itu mungkin terkait oleh pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait kenaikan harga mi instan yang akan naik sampai tiga kali lipat.

Hal tersebut diproyeksi karena Indonesia bergantung pada impor komoditas gandum dari dua negara yang membuat kenaikan harga pangan berbasis impor tidak dapat dihindari.

Kabar tersebut mungkin membuat khawatir banyak orang  akibat peningkatan bahan makanan. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak beberapa strategi bertahan hidup saat harus berhadapan dengan masalah naiknya harga pangan.

Memikirkan Rencana ke Depan

Sebelum berbelanja bahan makanan, ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantu Anda untuk menghemat uang. Pertama, pastikan untuk memeriksa lemari dan kulkas sebelum pergi ke toko untuk memastikan tidak akan membeli produk yang sudah Anda miliki. Kedua, buat jadwal makan selama seminggu dan pastikan hanya membeli produk yang sudah pasti Anda gunakan. 

Beli Bahan Makanan dalam Jumlah Besar

Membeli barang kemasan dalam jumlah besar mungkin akan membantu Anda mendapatkan potongan harga. Akan tetapi hindari melakukan cara ini jika barang yang akan Anda beli mudah rusak seperti buah dan sayuran.

Temukan Pengganti

Jika daging sapi terlalu mahal, Anda bisa menggantinya dengan daging ayam, kacang, ikan, tempe, dan sebagainya sebagai sumber protein. 

Cari Bahan Pangan yang Sesuai Musim

Sebaiknya Anda mengonsumsi bahan makanan seperti sayuran, ikan, dan buah sesuai dengan musim panennya. Hal ini karena biasanya bahan pangan yang dijual sesuai musim akan lebih melimpah, lebih murah, dan meminimalisir proses pengolahan sehingga lebih sehat untuk tubuh Anda.

Itu tadi beberapa cara atau strategi bertahan hidup untuk mengatasi naiknya harga pangan. Selamat mencoba!

Berita Terkait