Harga Cabai hingga Kebocoran Soal UTBK, Inilah 9 Isu Trending Hari Ini

20 Juni 2022 21:00 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Harga Cabai Sampai Kebocoran Soal UTBK, Inilah 9 Isu Trending Hari Ini (trenasia.com)

JAKARTA - Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Senin, 20 Juni 2022. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.

Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online, dan media sosial hari ini.

1. Kondisi Cuaca dan Hama Bikin Harga Cabai serta Bawang Merah Melonjak

Kementerian Pertanian (Kementan) menduga harga cabai dan bawang merah naik karena kondisi cuaca dan hama tanaman. Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto mengatakan, saat ini pemerintah terus menyiapkan 12 kebutuhan bahan pokok mulai dari hulu sampai hilir.

Titik hulu dilakukan di kawasan food estate dan hilir dilakukan bersama mitra lainnya. Karena itu, Prihasto mengaku sudah mempersiapkan langkah lanjutan untuk pengendalian serangan hama dan penyakit jamur.

Tercatat lebih dari 2.000 hektare yang sudah mendapat penanganan secara cepat dan terukur. Ia mengatakan, dengan kondisi anomali yang ada sekarang ini menyebabkan beberapa daerah (dataran rendah) yang biasa menananam cabai, beralih ke tanaman yang lebih adaptif pada kondisi hujan, lebih adaptif dalam kondisi air. 

2. IKN Nusantara Penggerak Ekonomi Indonesia Masa Depan

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur tidak saja ditujukan untuk mengurangi beban Kota Jakarta yang macet, tercemar, dan sebagai the sinking city dengan potensi terkena gempa yang tinggi.

Pemindahan IKN juga  untuk pemerataan ekonomi, pembangunan dan agar menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru atau penggerak ekonomi masa depan. 

Dalam lampiran 2 UU IKN Nomor 3 tahun 2022 dinyatakan bahwa IKN sebagai penggerak ekonomi pada  masa depan didesain untuk progresif, inovatif, dan kompetitif dalam hal teknologi, arsitektur, tata kota, dan sosial.

3. Tingkatkan Daya Saing, BRI Perkuat Transformasi Digital

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) tengah menjalani transformasi yang mengacu pada blueprint BRIVolution 2.0. Transformasi digital menjadi salah satu fokus utama perseroan untuk terus menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Executive Vice President Application Management & Operation BRI, I Nyoman Sugiri Yasa mengatakan transformasi digital yang tengah ditempuh perseroan diyakini bakal membawa BRI menjadi lebih efisien dalam menjalankan operasional bisnis.

Nyoman optimistis BRI dapat menjadi salah satu perusahaan perbankan yang punya daya saing kuat di masa depan.  

4. Laba BNI Meroket 232,2% di Tahun 2021

Tahun 2021 menjadi tahun pertumbuhan bagi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Bank berkode saham BBNI ini berhasil membuat lompatan pemulihan kinerja positif pada tahun buku 2021 dengan Laba bersih Rp10,89 triliun, tumbuh 232,2% year on year (yoy), atau dua kali lipat dari profit tahun 2020.

Sumber pertumbuhan itu adalah layanan digital, dimana BNI Mobile Banking menjadi andalannya. Sebagai Product Champion layanan digital, BNI Mobile Banking mempertebal optimisme Perseroan dalam menapaki 2022.

Kebutuhan masyarakat terhadap transaksi digital semakin meningkat seiring dengan kemudahan layanan yang ditawarkan oleh perbankan. Itulah mengapa, BNI yang terus melakukan inovasi fitur yang memudahkan nasabah sehingga mendorong peningkatan user dan kinerja transaksi BNI Mobile Banking.

5. BPR Didorong Cari Pendanaan di Pasar Modal

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terus didorong untuk mencari pendanaan dari pasar modal dengan go public melalui skema penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO). Sebab, masih banyak jumlah BPR dengan modal inti di bawah enam miliar rupiah membutuhkan perhatian khusus semua pihak terkait.

Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PDIP, Musthofa, menyatakan BPR selama ini dipandang sebelah mata, padahal fungsi dan peran BPR tak beda jauh dengan bank umum, yakni sama-sama menjalankan fungsi intermediasi.

6. IPO Cerestar Tawarkan Saham Rp 200 - Rp 210 Per Saham

Perusahaan produsen tepung PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

Perusahaan bakal melepas 18,87% atau setara 1,5 juta saham dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Mengutip prospektus perusahaan, saham yang ditawarkan oleh Cerestar direntang harga Rp 200 hingga Rp 210 per saham. Sehingga, perusahaan akan mendapatkan dana segar dari IPO hingga mencapai Rp 315 miliar.

Nantinya, dana IPO tersebut sebesar 46,67% untuk setoran modal kepada anak usahanya, PT Harvestar Flour Mills (HFM). HFM akan membangun pabrik dan fasilitas penunjang serta pembelian mesin dengan kapasitas 600 metrik ton per hari.  Selanjutnya, sekitar 20% dana IPO akan digunakan untuk setoran modal yang akan digunakan untuk membeli tanah di Kawasan Industri Gresik dalam pembangunan fasilitas pergudangan.

Sementara sisanya, sekitar 33,33% akan digunakan untuk modal kepada PT Agristar Grain Industry dalam pengembangan bisnis, yaitu belanja modal untuk pembangunan fasilitas pergudangan (warehouse) dan packing facility di daerah Cilegon.

7. Kritik Tunggal Putra, Taufik Hidayat dan PBSI Satu Suara

Di ajang Indonesia Open 2022, PBSI selaku otoritas bulu tangkis di Indonesia, dan Taufik Hidayat sebagai eks atlet bulu tangkis Indonesia satu suara. Mereka sepakat soal perlunya pelatih utama di sektor tunggal putra. 

Taufik berujar bahwa tunggal putra perlu kehadiran pelatih utama. Dia berkata PBSI harus menyediakan juga perangkat untuk atlet. Baru setelah itu, tinggal menunggu apakah atletnya akan memberikan performa yang baik atau tidak. 

PBSI yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi, Rionny Mainaky, berkata bahwa memang PBSI perlu tambahan tenaga, termasuk pelatih di sektor tunggal putra. Hadirnya pelatih utama dapat membuat program latihan berjalan baik.

8. Bakal Hadiri Pertemuan Menkes G20, Dirjen WHO Tiba di Yogyakarta

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization atau WHO, Thedros Adanom Ghebreyesus sudah tiba di Yogyakarta. Kedatangan Thedros untuk menghadiri pertemuan pertama Menteri Kesehatan G20 (The 1st G20 Health Ministers Meeting).

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam konferensi pers di Hotel Marriot Yogyakarta, Minggu (19/6) malam, menyampaikan terima kasih atas kedatangan orang nomor satu di WHO.

Diharapkan dengan kedatangan Thedros bisa mendukung pemulihan sistem kesehatan global yang lebih kuat dan tangguh pasca pandemi COVID-19.

9. Peserta Tidak Jujur Pada UTBK-SBMPTN 2022, Netizen Geram Atas Aksinya

UTBK-SBMPTN atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan ujian tes masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara serentak di berbagai kota.

Ujian ini diselenggarai oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Ribuan peserta UTBK-SBMPTN berjuang dan belajar untuk menghadapi ujian ini, namun ada juga segelintir orang yang melakukan kecurangan. Di media sosial tersebar foto-foto peserta yang telah melakukan kecurangan pada saat UTBK-SBMPTN 2022.

Salah satu akun Twitter @sbmptnfess memosting sebuah gambar yang terdiri dari foto-foto peserta yang tidak jujur.  

Berita Terkait