Harbolnas, Ini Promo dari Situs Jual-Beli Online

TrenAsia (TA) -tcodep style="text-align: justify;">JAKARTA– Momentum hari belanja online nasional (Harbolnas) jatuh pada 12 Desember 2018. Gelaran ini melibatkan berbagai e-commerce atau situs jual beli online dan mitra terkait. Harbolnas telah menginjak tahun ke enamnya, semenjak pertama kali digelar pada 2012. 

Tahun lalu, perhelatan ini sukses digelar. Melibatkan 254 e-Commerce, Harbolnas yang berlangsung tanggal 12 Desember lalu itu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Total teransaksi di 2017 meningkat Rp 1,4 triliun dibandingkan tahun 2016.

“Meningkatnya transaksi tahun ini ternyata dikontribusi oleh transaksi di luar pulau Jawa yang meningkat 82 persen,” kata Director, Consumer Insight, Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri, dikutip dari republika, Selasa (11/12). 

Rusdy pun membeberkan, jika memang mayoritas yang mengikuti Harbolnas berasal dari pembeli yang sudah sering berbelanja daring. Sebanyak 68 persen konsumen adalah mereka yang biasa belanja daring.

“Mengingat Harbolnas 2017 jatuh di hari kerja, maka aktivitas belanja juga sedikit bergeser ke jam 09.00 hingga 12.00, lalu 15.00 hingga 21.00,” kata Rusdy.

Gelaran Harbolnas yang biasanya digelar hanya satu hari diselenggarkan berbeda untuk tahun ini. Tahun ini, Harbolnas akan digelar 11-12 Desember 2018 atau selama dua hari berturut-turut. Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan menjelaskan, hari pertama merupakan edisi khusus produk lokal, sementara puncak Harbolnas pada 12 Desember 2018. Harbolnas tahun ini akan diramaikan oleh berbagai situs belanja dari berbagai bidang, mulai dari aitus marketplace, elektronik, fesyen, kecantikan, makanan dan minuman, travel, furnitur, dan lainnya.

Seluruh situs jual-beli online akan mengikuti gelaran tersebut. Ini beberapa promo dari situs jual beli online di Harbolnas:

1. Lazada 

Melalui program Brand Mega Offers, pelanggan bisa mendapatkan penawaran terbaik dari ratusan brands selama 2 jam pertama pada tanggal 10 Desember 2018. Pada tanggal ini, pembeli akan mendapat diskon kumpulan produk terlaris atau best selling of 2018. Beberapa tawaran menarik lainnya, antara lain Flash Sale 10 kali sehari selama 10-12 Desember 2018, Crazy Flash Sale dengan diskon hingga 99.9 persen, diskon hingga 60 persen untuk produk lokal. Lazada juga memiliki penawaran menarik lainnya.

2. Bukalapak 

Untuk program Harbolnas kali ini, Bukalapak turut menggandeng aktris Dian Sastrowardoyo untuk memeriahkan AFTER .11. Berbagai tawaran yang diberikan, seperti yaitu Serbu Seru, Nego 12 Kali Lebih Dahsyat, Flash Deal Serba 12 Rupiah, Cashback Rp 1.2 Juta, hingga Gratis Ongkir 12 Kali Setiap Hari. AFTER .11 Harbolnasnya Bukalapak akan dimulai dari 12 Desember.

3. Shopee 

Melalui festival 12.12 Birthday Sale, situs jual beli online Shopee memberikan beragam promo besar-besaran, seperti gratis ongkir hingga 12 kali ke seluruh Indonesia, spesial cashback hingga 120% dan Kuis Shopee dengan hadiah total koin Shopee senilai Rp 12 Milyar. Pelanggan juga dapat menikmati diskon hingga 90% untuk produk – produk favorit, promo tematik seperti Super Flash Sale Day setiap hari Rabu dengan harga mulai dari Rp 99, dan lainnya. Program ini sudah berlangsung sejak 19 November 2018 lalu hingga 12 Desember. 

4. JD.id Jelang 12.12, situs e-commerce JD.id meluncurkan program ShareBuy, yakni program yang memungkinkan para pelanggan mendapatkan harga spesial dengan mengundang teman untuk berbelanja produk yang sama. ShareBuy sendiri merupakan pendekatan pemasaran dengan konsep social commerce, di mana konsumen bisa mendapatkan penawaran harga lebih murah dengan memanfaatkan media sosial mereka. Untuk menyambut Harbolnas 12.12, ShareBuy adalah program pembuka untuk konsumen JD.id. Salah satunya seperti fitur vote campaign “Pencinta ShareBuy” yang diadakan pada 3 – 9 Desember 2018. 

 

(Nasser Panggabean)