Hadapi Virus Corona, Jadwal KAI Normal

JAKARTA—Menghadapi wabah virus corona, PT Kereta Api Indonesia (Persero) tetap memberlakukan pengoperasian kereta api (KA) sesuai jadwal. Kebijakan ini berlaku baik bagi KA jarak jauh maupun KA lokal untuk menanggapi status siaga Covid-19.

Dalam keterangan resmi yang dikutip Senin, 16 Maret 2020, KAI tetap menerapkan peraturan untuk mencegah penyebaran virus corona di area stasiun dan di atas KA. Langkah tersebut yakni dengan menyediakan hand sanitizer di sudut-sudut stasiun dan di atas KA hingga menempatkan petugas khusus untuk melakukan pengecekan suhu tubuh kepada calon penumpang.

Bentuk pencegahan lainnya, KAI menjaga kebersihan sarana kereta dengan melakukan penyemprotan disinfektan, baik pada interior maupun eksterior.

Penyemprotan tersebut diterapkan secara rutin sebelum KA melakukan perjalanan. Untuk Daop 1 Jakarta, pencucian KA jarak jauh dilakukan di stasiun Pasar Senen sementara untuk KA lokal, pencucian dilakukan di stasiun Sukabumi, Cikampek, Tanjung Priok, Merak, dan Rangkasbitung.

Adapun pencucian KA yakni dilakukan sweeping dasting atau menyapu lantai, pembersihan bagian langit-langit kereta, hingga pembersihan di bagian bordes dan toilet. Pembersihan ini diakhiri dengan mopping atau mengepel lantai untuk kemudian dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan. (SKO)

Tags:
Corona VirusCovid-19Kereta ApiPT KAI
%d blogger menyukai ini: