Habitat Indonesia Gandeng DANA Gelar Konser Amal untuk Penyintas Bencana NTT

06 Agustus 2021 07:04 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Sukirno

JAKARTA - Habitat for Humanity Indonesia menggandeng PT Espay Debit Indonesia Koe atau dompet digital DANA menggelar konser amal untuk membantu penyintas bencana alam Siklon Tropis Seroja di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Konser bertajuk "NTT Adalah Kita" tersebut akan digelar pada Jumat, 6 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB dan akan ditayangkan melalui Kanal Youtube dan Facebook Berita Satu dan Vidio.com. 

Sementara bagi masyarakat yang belum sempat menyaksikan konser dapat kembali menyaksikannya melalui loket.com pada 7-15 Agustus 2021.

Seluruh dana yang terkumpul dalam konser amal ini akan disalurkan melalui Habitat for Humanity Indonesia yang akan digunakan untuk penyediaan rumah layak bagi keluarga penyintas bencana di NTT.

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA, Agustina Samara mengatakan, keterlibatan DANA dalam konser ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk membangun kembali hunian bagi masyarakat NTT yang terdampak bencana.

"Bergerak di industri teknologi finansial tidak menghentikan kami untuk berkontribusi dalam memulihkan kondisi teman-teman di NTT. Sebaliknya, kami sadar betul bahwa donasi yang dikumpulkan akan lebih optimal apabila digarap secara daring," ujarnya dalam sebuah keterangan belum lama ini.

Dia menambahkan, dengan teknologi dan jangkauan yang dimiliki, DANA dapat membantu mempercepat dan memudahkan metode pengumpulan donasi secara digital, yang terintegrasi langsung dengan Kitabisa.com, dan mengomunikasikannya melalui berbagai platform komunikasi yang dimiliki perusahaan.

Dia berharap, donasi yang terkumpul ini dapat membangkitkan kembali NTT sekarang dan di masa yang akan datang.

"Kesempatan masyarakat untuk mengulurkan bantuannya dengan cara berdonasi daring masih terbuka lebar melalui dompet digital DANA. Caranya, pengguna dapat membuka aplikasi DANA dan menuju bagian Charity untuk kemudian mengakses DANA Donasi. Pengguna dapat mencari informasi berupa banner NTT Bangkit dan melakukan donasi sesuai nominal yang diinginkan," katanya.

Sementara itu, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, Susanto Samsudin, mengungkapkan bahwa konser ini digagas untuk membangun kembali masyarakat yang porak-poranda akibat dihantam bencana.

"Rumah merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki di saat pasca bencana karena digunakan sebagai tempat berlindung dan pemulihan kondisi, terlebih di masa pandemi, rumah sangat penting agar masyarakat terhindar dari paparan virus," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk membangun rumah hunian untuk penyintas bencana di NTT.

Adapun sejak 1997, Habitat for Humanity Indonesia telah mendukung lebih dari 96.000 keluarga per September 2020 untuk membangun atau memperbaiki rumah layak huni bagi penyintas bencana.

"Kita diajak untuk turut merasakan apa yang mereka rasakan. Sebuah dampak positif bisa terjadi bagi keluarga-keluarga penyintas bencana di NTT jika kita semua bersama-sama mengambil bagian," ungkap Susanto.

Adapun donasi untuk warga NTT dibuka sejak Juni lalu dan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan pembayaran nontunai. Habitat bekerja sama dengan DANA sebagai mitra pembayaran digital guna membuka kesempatan lebih luas untuk berdonasi.

Tampilkan Ananda Sukarlan dkk

Konser amal untuk warga NTT akan menampilkan maestro piano Indonesia Ananda Sukarlan yang berkolaborasi dengan beberapa musisi muda asal NTT di Jakarta.

Ananda Sukarlan mengatakan bahwa keterlibatan seniman dalam konser amal ini merupakan bentuk kedekatan dengan masyarakat baik suka maupun duka.

"Kami berharap melalui musik dan karya dalam konser ini, kami bisa membantu saudara-saudara kami di NTT dengan mengajak kita semua berkontribusi membangun rumah layak bagi mereka," ungkapnya.

Sementara itu, Ganzer Lana, musikus Sasando asal Rote Ndao yang turut berpartisipasi dalam konser amal ini menambahkan bahwa kondisi kekurangan yang dialami warga NTT pasca bencana sudah seharusnya dibantu.

"Melihat kondisi keluarga-keluarga penyintas bencana di NTT yang sempat terlupakan dan belum membaik, saya merasa sedih apalagi teman-teman di sana sering menghubungi saya untuk meminta bantuan," katanya.

"Sejalan dengan kecintaan saya terhadap instrumen musik NTT, konser ini adalah sesuatu yang tepat untuk saya ikuti. Saya berharap semoga melalui konser amal ini, banyak dana yang terkumpul dari tangan-tangan orang baik sehingga banyak keluarga-keluarga penyintas bencana memperoleh hunian yang layak," imbuhnya.

Informasi lebih lanjut mengenai tata cara berdonasi dapat disimak melalui tautan http://kitabisa.com/bangunkembalintt.

"Inisiatif Habitat for Humanity dan DANA selaras dengan misi kami dalam memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan semangat kebaikan. Semoga sinergi banyak pihak dalam donasi NTT Bangkit dapat menghasilkan dampak positif bagi masyarakat," ujar ujar Marisa Thara Wardhani, Head of Brand Partnership Kitabisa.com.*

Berita Terkait