Habiskan Rp188,07 Miliar, Petrosea Milik Indika Energy Lakukan Kerja Sama IT dengan Perusahaan Afiliasi

03 September 2021 14:44 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Amirudin Zuhri

Perusahaan jasa pertambangan PT Petrosea Tbk (PTRO) / Dok. Petrosea

JAKARTA – Anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY) bidang pertambangan, PT Petrosea Tbk (PTRO), akan melakukan kerja sama teknologi informasi (IT) dengan perusahaan afiliasi INDY lainnya, yaitu Xapiens Indonesia.

Kerja sama PTRO dengan Xapiens ini akan berlangsung selama 5 tahun dengan nilai transaksi sebesar Rp188,07 miliar. Dalam kerja sama ini, Xapiens akan menyediakan layanan seperti customer support, application support, end user management, cloud services, dan lain-lain.

Dalam keterbukaan informasi, manajemen PTRO menyebut transaksi ini adalah bagian dari integrasi Grup Indika Energy dalam semua kegiatan IT. Integrasi bisnis ini diharapkan memberikan efisiensi karena dilakukan dengan perusahaan afiliasi dan bukan non-grup.

“Langkah tersebut terfokus pada pengamanan data, pengintegrasian solusi usaha, dan pemanfaatan aset yang sudah ada untuk mengembangkan dukungan proses usaha dan tujuan perusahaan,” jelas manajemen PTRO dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 3 September 2021.

Dijelaskan, integrasi semua kegiatan informasi, komunikasi, dan teknologi (ICT) Grup INDY dilakukan pertama kali pada 2009. Integrasi merupakan bagian dari fokus untuk keamanan informasi, integrasi proses bisnis dan pendayagunaan investasi yang ada.

Hal ini menyebabkan semua karyawan ICT disatukan sebagai suatu unit tunggal guna memberikan jasa bersama kepada semua operasi, maupun pusat data untuk meningkatkan skala ekonomis dan keamanan.

“Infrastruktur yang ada dikaji ulang untuk membangun kapasitas demi pertumbuhan di masa depan, termasuk memperluas jangkauan pelayanan ke lokasi lokasi terpencil, meningkatkan transparansi operasional,” tambahnya.

Selain itu, pengkajian ulang infrastruktur juga untuk mengurangi siklus waktu dalam memberikan solusi usaha, memperluas jaringan pengguna yang memungkinkan kolaborasi yang efektif di antara kelompok pengguna yang berbeda, dan meningkatkan efisiensi dalam penyelesaian suatu masalah.

Xapiens sendiri adalah perusahaan yang kegiatan usahanya terpusat di bidang informasi dan komunikasi; aktivitas profesional, ilmiah dan teknis; konstruksi; industri pengolahan; perdagangan besar dan eceran; dan lain-lain.

Sebagai informasi, afiliasi kedua perusahaan ini karena kedua perusahaan dimiliki INDY secara langsung. INDY memiliki 69,8% saham di PTRO. Sementara saham INDY di Xapiens dimiliki langsung sebesar 0,1% dengan 99,9% dimiliki lewat anak usahanya PT Indika Digital Teknologi.

 

Berita Terkait