Habiskan Banyak Uang dan Bikin Stres, 5 Benda Ini Sebaiknya Tak Perlu Dibeli Lagi

28 November 2021 14:41 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Habiskan Banyak Uang dan Bikin Stres, 5 Benda Ini Sebaiknya Tak Perlu Dibeli Lagi (Pexels.com/Azamat Esenaliev)

JAKARTA - Gaya hidup minimalis akhir-akhir ini memang kerap jadi tren. Hal ini karena gaya hidup minimalis dikenal memiliki dampak yang positif, seperti hidup menjadi lebih hemat dan tidak mudah stres.

Memiliki lebih banyak barang tidak hanya lebih boros tapi juga akan menimbulkan stres. Untuk Anda yang ingin menerapkan gaya hidup minimalis, inilah 5 benda yang sebaiknya tidak perlu Anda beli lagi.

1. Pakaian yang Sedang Tren

Kita semua memiliki lebih banyak pakaian daripada yang sebenarnya kita kenakan. Akan tetapi mungkin Anda tidak menyadari berapa banyak pakaian yang telah Anda timbun di lemari pakaian.

Untuk lebih hemat dan tidak stres karena menimbun banyak pakaian, sebaiknya Anda menghindari membeli pakaian yang sedang tren. Tetaplah dengan satu gaya klasik yang cocok untuk Anda dan tidak akan ketinggalan zaman setidaknya dalam beberapa tahun.

2. Alat untuk Membuat Karya Seni

Saat Anda menjelajah media sosial seperti Pinterest, tidak heran jika Anda menjadi ingin membuat karya seni. Setelah itu, mungkin Anda akan tergiur untuk membeli alat-alat untuk membuat parakyarya yang sering dijual di toko kerajinan.

Sebelum Anda menumpuk berbagai alat untuk membuat karya seni, sebaiknya Anda mencermati dahulu jadwal harian Anda. Apakah pekerjaan dan kesibukan Anda akan membuat Anda tidak bisa menyentuh alat-alat tersebut. Jika ya, sebaiknya tahan dulu keinginan Anda untuk membelinya.

3. Gadget Terbaru

Teknologi selalu berkembang dengan cepat. Daripada harus membeli gadget terbaru mengikuti tren, Anda sebaiknya membeli gadget dengan disesuaikan kebutuhan dan budget Anda. Selain lebih hemat, Anda juga tidak akan stres saat melihat tumpukan gadget yang tidak lagi Anda gunakan dan harganya sudah semakin turun.

4. Mainan Anak-anak

Para orang tua tentu senang untuk membelikan berbagai mainan untuk anak agar mereka bahagia. Namun, terlalu banyak pilihan mainan justru akan membuat anak-anak menjadi kewalahan. Selain itu, anak-anak juga cenderung lebih mudah bosan, jadi mainan yang Anda berikan kepadanya tidak akan dimainkan dalam jangka waktu yang lama.

5. Buku

Buku memang penting dan sangat dibutuhkan untuk memperluas wawasan dan ilmu. Namun, buku yang menumpuk justru akan membuat ruangan di rumah Anda semakin sempit. Oleh karena itu, sebagai gantinya Anda bisa berlangganan membaca ebook secara online, membeli ebook, atau membaca ebook di perpustakaan online seperti iPusnas.

Berita Terkait