Gusur Jack Ma, Siapa Mukesh Ambani yang Kini Jadi Orang Paling Tajir di Asia?

JAKARTA – Bukan pendiri perusahaan raksasa teknologi Alibaba Jack Ma, saat ini status orang terkaya di Asia disandang oleh pemilik perusahaan minyak dan gas bumi asal India Reliance Industries, yakni Mukesh Ambani.

Pria ini juga masuk ke dalam jajaran Top 10 orang terkaya dunia versi majalah Forbes. Ia berhasil menduduki posisi wahid orang terkaya se-Asia setelah berhasil mengumpulkan kekayaan sebanyak US$79,9 miliar atau setara Rp1.174 triliun (asumsi kurs Rp14.700 per dolar Amerika Serikat).

Dua posisi atas orang terkaya versi Forbes sebelumnya disematkan kepada pemilik Alibaba dan Tencent yaitu Jack Ma dan Ma Huateng. Sedangkan kekayaan Jack Ma saat ini sebesar US$51,4 miliar atau sekitar Rp755 triliun dan Ma Huateng sebanyak US$54,9 miliar, setara Rp807 triliun.

Diketahui bahwa kekayaan Mukesh Ambani berasal dari pendapatan perusahaannya yang mencapai US$88 miliar atau Rp1.293 triliun. Reliance pun otomatis menjadi salah satu perusahaan yang paling berharga di India.

Kali ini TrenAsia.com akan mengulas fakta-fakta tentang Mukesh Ambani. Penasaran dengan sosoknya? Simak ulasan berikut!

Pemilik perusahaan minyak dan gas bumi asal India Reliance Industries, Mukesh Ambani, menduduki posisi wahid orang terkaya se-Asia setelah berhasil mengumpulkan kekayaan sebanyak US$79,9 miliar atau setara Rp1.174 triliun. / Reuters

Profil Mukesh Ambani

Bernama lengkap Mukesh Dhirubhai Ambani, lahir pada 19 April 1957 di Aden (sekarang Yaman) dari kedua pasangan ayah yang bernama Dhirubhai Ambani dan ibu Kokilaben Ambani. Dia memiliki dua saudara perempuan, Dipti Salgaoncar dan Nina Kothari serta satu adik laki-laki, Anil Ambani.

Sebelum Mukesh lahir, ayahnya telah bekerja pada sebuah perusahaan di Yaman. Namun sejak Mukesh berumur satu tahun, mereka pindah ke Mumbai, India untuk membangun bisnis di bidang jual beli rempah-rempah

Mukesh mengenyam Pendidikan SMA di Hill Grange High School, Mumbai bersama adiknya, Anil. Kemudian, ia kuliah di Institute Of Chemical Technology, Matunga dan berhasil mendapatkan gelar Sarjana Teknik Kimia.

Kemudian, ia juga sempat mengambil program magister di Standford University, namun ia tidak pernah menyelesaikannya. Ia lebih memilih pulang ke kampung halaman untuk membantu ayahnya membangun bisnis sebagai produsen tekstil, yakni Reliance.

Ya, bisnis Reliance pertama kali berada di sektor tekstil. Namun nantinya perusahaan tersebut akan berkembang menjadi industri pengilangan minyak, petrokimia, ritel, hingga telekomunikasi.

Jio Platforms Limited berdiri sebagai perusahaan layanan digital India dan anak perusahaan dari Reliance Industries Limited milik konglomerat India Mukesh Ambani / Reuters

Perjalan Karier dan Jejaring Bisnis

Pada tahun 1981, Mukesh resmi bergabung di Reliance Industries. Mukesh bergabung sebagai penggagas integrasi dari tekstil ke serat polyester hingga kemudian ke hasil olahan minyak bumi. Di tangan Mukesh, perusahaan tersebut mulai mengalami kemajuan.

Setelah ayahnya meninggal dunia pada tahun 2002, perusahaan pun diwariskan pada Mukesh dan adiknya, Anil. Saat menjabat sebagai pemimpin, ia membuat banyak gebrakan hingga Reliance Industries pun ikut bergerak di sektor migas dan pertambangan.

Pada Desember 2013, Mukesh mengumumkan usaha kolaborasi dengan Bharti Airtel untuk menyiapkan infrastruktur digital jaringan 4G di India. Mukesh memang dikenal sebagai sosok yang berani melebarkan sayap bisnis.

Pada 2016, Reliance melalui salah satu anak usahanya memicu perang harga di pasar telekomunikasi India dengan meluncurkan layanan telepon 4G Jio. Smartphone ini menjadi yang terlaris ketiga di India pada tahun itu.

Hingga akhirnya pada tahun 2019, Jio Platforms Limited berdiri sebagai perusahaan layanan digital India dan anak perusahaan dari Reliance Industries Limited. Perusahaan ini memiliki operator jaringan seluler terbesar di India dan bisnis digital Reliance lainnya.

Jio telah menandatangani kontrak dengan lebih dari 340 juta pelanggan dengan menawarkan panggilan suara domestik gratis, layanan data yang sangat murah, dan harga ponsel yang hampir gratis. Pada 8 Mei 2020, Jio Platforms dilaporkan sebagai perusahaan India terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasar.

Dengan kebijakan mengubah fokus bisnisnya dari industri minyak dan petrokimia menjadi perusahaan teknologi telekomunikasi dan sektor ritel mendorong kekayaannya melonjak hampir dua kali lipat.

“Mukesh Ambani telah mengubah wajah Reliance dari Petrokimia menjadi teknologi,” ujar Chairman RPG Group Harsh Goenka, dikutip dari Forbes beberapa waktu lalu.

Rumah mewah milik orang terkaya India dan Asia, Mukesh Ambani, di Mumbai bernama Antilia ditaksir seharga Rp14,7 triliun / Indiatimes

Fakta Tentang Mukesh Ambani

  • Orang Terkaya di India Selama 12

Memiliki kekayaan dengan nilai ribuan triliun rupiah menjadikannya bertengger di urutan pertama sebagai orang terkaya di India selama 12 tahun berturut-turut. Kekayaan Mukesh Ambani bahkan masih lebih besar berkali-kali lipat dibandingkan dengan orang kaya nomor dua di negara tersebut, yakni pengusaha teknologi Shiv Nadar yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD16,2 miliar atau Rp238 triliun.

  • Punya Rumah Pencakar Langit

Mukesh tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah super mahal. Hunian tersebut dibangun di tengah kota Mumbai, dan diberi nama Antilia.

Antilia memiliki 27 lantai dengan ketinggian 570 kaki. Tinggi rumah ini bahkan setara dengan gedung 40 lantai. Jangan terkejut, harga rumah ini ditaksir lebih dari US$1 miliar atau Rp14,7 triliun.

Antilia memiliki sebuah garasi yang bisa memuat 168 mobil dan dilengkapi dengan fasilitas mewah lainnya seperti ruang gym dan bioskop pribadi. Sedangkan staf di rumah ini mencapai 600 orang.

  • Cinta Keluarga

Setelah menikah dengan Nita Ambani, Mukesh dikarunia tiga orang anak, dua orang putra bernama Akash dan Anant, dan seorang putri bernama Isha. Pada tahun 2009 lalu, pernikahan Nita dan Mukesh sudah mencapai 25 tahun.

Mukesh sering menyampaikan tiap wawancaranya bahwa keluarga sangatlah penting baginya. Sesibuk apapun hari-harinya, Mukesh selalu berusaha menghabiskan hari libur bersama ibu, istri, dan anak-anaknya. Tak hanya itu, foto keluarga dan foto mendiang ayahnya selalu ada di setiap ruang rumahnya.

Rasa cintanya kepada istri dibuktikan dengan memberikan sebuah pesawat jet pribadi seharga US$62 juta sebagai hadiah ulang tahun. Bahkan pesawat jet itu di desain khusus untuk istri tercintanya.

  • Pernikahan Anak Super Mewah

Pernikahan anak perempuan Mukesh juga sempat viral di India beberapa waktu lalu. Pasalnya pria satu ini diperkirakan merogoh kocek hingga US$100 juta atau hampir Rp1,5 triliun. Dalam acara pernikahan itu turut hadir Beyonce, Priyanka Chopra, Nick Jonas, Arianna Huffington, hingga Hillary Clinton. (SKO)

Tags:
10 Orang Terkaya DuniaAlibaba Group Holding LtdForbesHeadlineJack MaJio Platforms LimitedkonglomeratMukesh Ambaniorang kayaOrang Terkaya di Asiaorang terkaya di duniaReliance Industriesreliance sekuritastencent
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: