Gurita Bisnis 10 Konglomerat Indonesia 2021

06 Agustus 2021 10:30 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Sukirno

Konglomerat paling kaya di Indonesia versi majalah Forbes 2021. Ilustrasi: Deva Satria/TrenAsia (TrenAsia.com)

JAKARTA - Saat pandemi COVID-19 melanda dunia, kekayaan para konglomerat justru makin menggunung. Bahkan, tiga nama baru masuk ke dalam jajaran 10 taipan paling kaya di Indonesia pada 2021.

Bos PT Bank Jago Tbk (ARTO) Jerry Ng adalah salah satu pemain bisnis yang kekayaannya melesat cukup jauh dan kini masuk ke jajaran 10 konglomerat terkaya di Indonesia. Melalui bisnis perbankan, Jerry mampu mengumpulkan kekayaan Rp67,7 triliun, naik 58,2 triliun dalam periode satu tahun.

Sebaliknya, kekayaan keluarga Eka Tjipta Widjaja, Anthony Salim, Peter Sondakh, dan Martua Sitorus serta Murdaya Poo merosot tajam dan akhirnya terdepak dari tangga 10 konglomerat terkaya di Indonesia 2021.

Di sisi lain, duo Hartono Brothers pemilik Grup Djarum, Robert Budi-Michael Bambang Hartono masih memuncaki singgasana konglomerat terkaya dengan kenaikan kekayaan lebih dari Rp40 triliun.

Dalam periode satu tahun kalender, tercatat ada tiga wajah baru yang bertengger di top 10 taipan Indonesia, yakni Jerry Ng (5), Eddy Kusnadi Sariaatmadja (7) dan Djoko Susanto (9).

Berikut TrenAsia.com rangkum kekayaan dan gurita bisnis para taipan yang berada di top 10 konglomerat terkaya Indonesia per Agustus 2021.

Gurita Cuan 10 Taipan_REVISI.jpg

Berita Terkait