Grup Sinarmas Dikabarkan Mau Akuisisi DANA dari Emtek

09 Agustus 2021 19:09 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Laila Ramdhini

Ilustrasi Fintech

JAKARTA – Grup Sinarmas dikabarkan berencana mengakuisisi start up dompet digital DANA yang dikelola PT Espay Debit Indonesia Koe dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) alias Grup Emtek. 

Dilansir dari laporan DealstreetAsia, Senin, 9 Agustus 2021, tiga sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan bahwa Sinarmas dan Emtek tengah dalam pembicaraan dalam proses akuisisi DANA. 

Ketiga sumber itu juga menyebut Grup Sinarmas akan bermitra dengan Ant Financial jika proses akuisisi itu berhasil dilaksanakan. Ant Financial sendiri merupakan unicorn asal Tiongkok yang mengelola dompet digital Alipay. Perusahaan ini juga terafiliasi dengan Alibaba.

Berdasarkan catatan TrenAsia.com, komposisi pemegang saham DANA saat ini di antaranya Emtek melalui anak usahanya, PT Elang Sejahtera Mandiri dengan porsi 49% kepemilikan saham. Sedangkan, sisanya dikempit oleh Ant Financial melalui API Investment Limited.

Selain itu, Ant Financial juga memiliki portofolio pada saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA). Lewat API Investment Limited, Ant Financial mengempit 13,05% unicorn e-commerce tersebut pascamelantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Agustus 2021.

Di sisi lain, belum diketahui entitas Grup Sinarmas apa yang akan bertindak untuk mengambilalih DANA. TrenAsia.com telah berusaha mengkonfirmasi pihak DANA terkait rumor akuisisi ini. Hingga artikel ini ditayangkan, pihaknya belum menanggapi. 

Sebagai informasi tambahan, DANA merupakan start up financial technology (fintech) dengan valuasi di bawah US$1 miliar. Valuasi DANA masih berada dibawah pesaingnya, seperti OVO dan Akulaku.

Berita Terkait