Grab Pesan 6.000 Sepeda Motor Listrik dari Produsen di Jawa Tengah

23 Oktober 2021 13:38 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Laila Ramdhini

JAKARTA - Grab Indonesia telah memesan 6.020 kendaraan listrik hingga akhir 2021. Dengan tambahan ini, total armada Grab di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 12.000 unit hingga akhir tahun ini.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengungkapkan kendaraan listrik tersebut dipesan dari salah satu produsen lokal di Semarang yakni VIAR.

“Seluruh kendaraan listrik ini akan digunakan oleh mitra pengemudi GrabBike dan mitra pengantaran Grab di seluruh Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Sabtu, 23 Oktober 2021.

Inisiatif ini, katanya, bertujuan untuk mengurangi emisi karbon yang sejalan dengan target pemerintah dalam menghadirkan 2 juta unit electric vehicle (EV) pada 2025.

Menurutnya, langkah ini dapat membantu pemerintah mencapai target jumlah Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua sebanyak 13 juta unit pada 2030.

Seperti diketahui, pemerintah dalam Grand Strategi Energi Nasional menargetkan pengurangan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar 6 juta kilo liter (KL) per tahun. Selain itu, emisi Gas Rumah Kaca (GRK) juga ditarget turun sebesar 7,23 juta ton CO2e.

Neneng menambahkan, upaya ini merupakan salah satu bagian dari kampanye #LangkahHijau Grab dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup.

Program yang lain di antaranya Langkah Menanam Pohon, Langkah Kurangi Emisi, dan Langkah Daur Ulang.

Selama Januari 2020 hingga April 2021, lebih dari 8.500 armada kendaraan listrik Grab diklaim telah mengurangi emisi CO2 hingga 7.500 ton. Angka tersebut setara dengan jumlah penyerapan CO2 dari 350.000 pohon dalam satu tahun.

Khusus di Jawa Tengah, pada April 2021 Grab juga meluncurkan skuter listrik yang dapat digunakan oleh masyarakat, maupun mitra GrabFood dan GrabBike di Solo.

Selain itu, Grab menjalin kerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Surakarta dalam pemanfaatan jalur City Walk untuk lajur alat mobilitas pribadi skuter listrik GrabWheels, serta membangun Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) bersama dengan PT PLN (Persero) Surakarta.

Berita Terkait