Grab Layani Transportasi Tenaga Medis

May 07, 2020, 10:45 AM UTC

Penulis: Khoirul Anam

Ilustrasi/ Kemenparekraf.go.id

Grab Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menyediakan armada roda empat khusus bagi 73 tenaga medis yang bepergian antara Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo (RSAL Mintoharjo) dan Le Meridien Hotel Jakarta.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, Grab juga akan memperluas armada khusus tersebut ke berbagai rumah sakit rujukan. Langkah membantu mobilitas para tenaga medis tersebut, menurut Ridzki, sejalan dengan misi GrabForGood, yakni membawa dampak positif dari teknologi.

“Untuk memastikan mobilitas yang aman selama masa PSBB (pembatasan sosial berskala besar), kami telah menghadirkan armada roda empat khusus dengan standar keamanan terpadu,” kata dia di Jakarta, Rabu, 6 Mei 2020.

Disebutkan, armada khusus yang disiapkan dilengkapi partisi plastik di dalam mobil yang melindungi pengemudi dan penumpang, serta didesinfeksi secara berkala. Armada tersebut memiliki kapasitas masksimum tiga orang penumpang untuk menjaga jarak aman.

Selain itu, pengemudi yang mengantarkan para tenaga medis telah mendapatkan pelatihan standar operasional prosedur (SOP) khusus terkait pencegahan penyebaran COVID-19. Mitra pengemudi juga dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (masker, sarung tangan, dan hand sanitizers). Adapun, armada khusus yang digunakan, yakni GrabCar Electric powered by Hyundai dan GreenLine Taxi.

Fasilitas armada khusus ini dapat digunakan para tenaga medis melalui layanan Concierge Web Booking yang telah tersedia di Hotel Le Meridien. Para tenaga medis dapat melakukan pemesanan dengan bantuan tim petugas Grab yang telah siap siaga sesuai dengan jadwal penjagaan mereka.

Grab juga mengatakan, armada GrabCar Elektrik akan disediakan di tiga rumah sakit pilihan, antara lain Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI Sulianti Saroso), Rumah Sakit Umum Persahabatan (RSUP Persahabatan), dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD Gatot Soebroto) untuk melayani mobilitas para tenaga medis.

Untuk rute perjalanannya, tenaga medis dari dan ke RSPI Sulianti Saroso serta RSUP Persahabatan dapat diantar dan dijemput dari sejumlah titik penjemputan di wilayah Jabodetabek, sementara tenaga medis di RSPAD Gatot Soebroto, dapat diantar dan dijemput dari The Media Hotel and Towers yang telah dialokasikan sebagai tempat istirahat para tenaga medis yang bertugas menangani COVID-19. (SKO)