Grab Dikabarkan Mau Masuk ke Perbankan Lewat BRI Agro dan Bank Fama

27 September 2021 18:26 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Amirudin Zuhri

Kerja sama PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) dengan Grab untuk menjadi kendaraan operasional GrabExpress. (gaya-slis.com)

JAKARTA – Perusahaan ride hailing, Grab dikabarkan tengah menjajaki kerja sama dengan PT Bank Fama Internasional dan PT BRI Agroniaga Tbk (AGRO).

Menurut sumber anonim DealStreetAsia, diberitakan Senin 27 September 2021,  penjajakan yang paling potensial saat ini adalah dengan BRI Agro dan Bank Fama. Sumber yang enggan disebutkan identitasnya itu mengatakan, Grab bergabung dengan konsorsium yang nantinya akan dipimpin oleh konglomerat media dan teknologi Grup Emtek.

Nantinya, konsorsium tersebut akan mendapatkan bagian saham bank jika rencana ini terealisasi. Meski belum ada keterangan resmi dari pihak manapun, sumber tersebut menyebutkan pembicaraan ini sudah berada di tahap lanjut.

Bahkan, Grab juga disebutkan sedang mendekati PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK). "Strateginya adalah untuk memiliki partner sebanyak mungkin sehingga dapat meningkatkan use case," kata sumber itu.

Isu masuknya Grab ke BRI Agro dan Bank Fama memang bukan ‘barang baru’. Di Indonesia, sudah banyak perusahaan teknologi yang sudah menciptakan ekosistem bersama dengan perbankan.

Seperti GoTo, entitas hasil merger Gojek dan Tokopedia bersama PT Bank Jago Tbk (ARTO). Kemudian, Grup Emtek alias PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) bersama Bukalapak dan Grab.

Lalu, induk perusahaan Shopee, Sea Ltd yang menyokong PT Bank Seabank Indonesia. Ada pula, Akulaku dan PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB), Kredivo dan PT Bank Bisnis International Tbk (BBSI).

Berita Terkait