Google Kucurkan Kredit Modal Rp147 Miliar untuk UMKM

02 Desember 2021 13:06 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Laila Ramdhini

Menteri Keuangan Sri Mulyani hadir dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, Senayan, Jakarta, Senin, 20 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – Perusahaan mesin pencari Google melaporkan informasi terbaru tentang Small Business Resilience Fund yang diluncurkan pada 2020 melalui kemitraan dengan organisasi nirlaba internasional KIVA. 

Google mengucurkan modal pinjaman sebesar US$10 juta atau sekitar Rp147 miliar untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Pada tahap pertama, sejumlah US$3,5 juta akan diberikan kepada partner keuangan mikro Google, Koperasi Mitra Dhuafa (Komida). 

“Kolaborasi ini telah menyalurkan bantuan pembiayaan dengan bunga rendah dengan nilai US$10 juta atau Rp147 miliar. Angka ini memang kecil dibandingkan program pemerintah yang mencapai Rp17 triliun, namun ini sangat membantu UMKM,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers Google for Indonesia, Kamis, 2 Desember 2021.

Sri Mulyani berharap, program pemberdayaan, termasuk menggunakan teknologi digital dapat membantu UMKM pulih dan bangkit kembali.

Sebagai salah satu mitra lokal Google, Komida, koperasi dengan 324 cabang di 13 provinsi ini memiliki spesialisasi dalam pemberian pinjaman hingga Rp20 juta kepada perempuan pra-sejahtera di kawasan pedesaan yang ingin memulai usaha sendiri. 

Managing Director dan Founder Komida Slamet Riyadi mengatakan, sejak 2004, Komida telah melayani 810.000 anggota perempuan dari keluarga berpendapatan rendah.

“Visi kami adalah menjadi kooperasi keuangan mikro utama yang memberikan bantuan finansial dan non-finansial kepada perempuan berpendapatan rendah untuk membantu mereka dengan cepat membangun penghasilan rumah tangga yang lebih baik. Sehingga akan meningkatkan kesehatan dan pendidikan anak-anak mereka," kata dia.

Sri Mulyani menambahkan, Google telah mendukung transformasi digital di Indonesia melalui peningkatan literasi digital kepada 2 juta UMKM. Hal ini dilakukan melalui Kelas Gapura Digital di bawah program Grow with Google. 

“Saya menyambut baik program Google untuk mengembangkan talenta digital dan peningkatan konektivitas internet di Indonesia melalui Google Cloud Jakarta Region dan kabel bawah laut, dan juga melalui bantuan finansial kepada UMKM,” ujar Sri Mulyani.

Berita Terkait