Gojek, Indosat, Bukalapak, Hingga Blue Bird Sabet Penghargaan Bidang Kesetaraan dan Pemberdayaan Perempuan

JAKARTA – Sejumlah pemimpin dan perusahaan nasional menyabet penghargaan atas kontribusinya dalam memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam gelaran UN Women 2020 Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards.

Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan pengakuan kepada pelaku usaha dan perusahaan atas praktik baik dalam mendukung kesetaraan gender.

“Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sangat penting dalam memperkuat perekonomian nasional,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya, dikutip Kamis, 19 November 2020.

Para pemenang WEPs Awards dari Indonesia antara lain Noni S.A. Purnomo, Presiden Direktur PT Blue Bird Tbk dalam kategori kepemimpinan. Vania Santoso, Co-Founder heySTARTIC untuk kategori kepemimpinan muda.

Selanjutnya Telkomtelstra yang menyabet kategori tempat kerja yang inklusif gender. Kategori marketplace yang gender responsive dimenangkan oleh Bukalapak.

Tak ketinggalan, Gojek berhasil memenangkan kategori pelibatan komunitas dan industri. Terakhir dalam kategori tindakan COVID-19 diisi oleh Indosat Ooredoo.

“Saya ingin mengucapkan selamat dan mendorong para pemimpin dan pelaku usaha yang percaya pada kesetaraan gender,” tambah Sri Mulyani.

Menurutnya, upaya mendorong kesetaraan gender bukan hanya merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan. Tetapi juga berkontribusi pada ekonomi dan kesejahteraan global.

“WEPs Awards merupakan momen penting untuk memastikan kondisi kerja yang lebih baik, kesetaraan upah, tanpa memandang sektor usaha maupun industrinya bagi laki-laki dan perempuan,” ucap Jamshed M. Kazi, UN Women Representative and Liaison to ASEAN.

Vincent Piket, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam mengakui pentingnya kerja sama dengan sektor swasta. Khususnya dalam mempromosikan kesetaran gender dan pemberdayaan perempuan.

“Hari ini, Uni Eropa bergabung untuk merayakan para pelaku usaha dan perusahaan yang telah mendukung kesetaraan dalam dunia bisnis,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Setelah ini, para pemenang dari Indonesia berkesempatan untuk mengikuti WEPs Awards di tingkat regional Asia Pasifik yang akan diselenggarakan pada 15 Desember 2020.

Tags:
blue birdBukalapakgojekIndosat ooredokesetaraan genderkesetaraan upahpemberdayaan perempuanPT blue bird Tbktelkomtelstra
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: