Gojek dan Pemprov DKI Lakukan Vaksinasi ke Mitra Driver Hari Ini

29 April 2021 18:09 WIB

Penulis: Reky Arfal

Pengemudi GoRide menggunakan sekat pelindung saat uji coba penggunaannya pada armada Gojek di Jakarta, Rabu 10 Juni 2020. Pada layanan roda dua GoRide yang kembali beroperasi di DKI Jakarta pada masa PSBB Transisi, mulai minggu ini Gojek melakukan uji coba penggunaan sekat pelindung yang berfungsi meminimalisasi penyebaran COVID-19 melalui droplet setelah sebelumnya sekat pelindung telah […]

JAKARTA – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek menggelar vaksinasi untuk puluhan ribu mitra pengemudi mulai hari ini, Kamis 29 April 2021.

Vaksinasi dilaksanakan dengan menggandeng Halodoc dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya menyebut mitra gojek adalah pahlawan yang menyambungkan layanan dari berbagai aspek, khususnya logistik yang sangat mendasar bagi warga Jakarta.

“Sehingga masyarakat tetap berada di rumah, tapi tetap bisa melakukan kegiatan yang punya dampak perekonomian,” kata Anies secara virtual, Kamis 29 April 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani menyebut upaya ini menjadi salah satu cara memerangi COVID-19.

“Terima kasih kolaborasinya antara Gojek, Halodoc, Hermina, ini kolaborasi yang sangat baik sekali. Kami di Kemenhub mendukung, apresiasi apa yang dilakukan,” sebut Yani dalam konferensi pers, Kamis 29 April 2021.

Vaksinasi dinilai sangat penting jika melihat jumlah pekerja transportasi di Indonesia yang mencapai 6 juta orang.Untuk ojek online sendiri, ada sebanyak 2 juta mitra pengemudi di seluruh Indonesia dan jumlahnya mencapai puluhan ribu di tiap daerahnya.

“Pengemudi ini merupakan garda terdepan dan pastinya harus divaksin karena bekerja dengan masyarakat. Dua-duanya (pengemudi dan konsumen) pasti tidak mau kena COVID-19, oleh karenanya harus divaksin,” katanya.

Co-founder dan Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, vaksinasi dilakukan di 2 tempat, yaitu di Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran dan West One City Cengkareng.

“Vaksinasi ditargetkan akan dilakukan sebanyak 1.500 dosis vaksin untuk mitra driver per hari,” ujar Kevin.

Vaksinasi yang diinisiasi Gojek ini merupakan yang terbesar dengan jumlah mitra pengemudi peserta vaksinasi terbanyak di Jakarta hasil kerja sama pemerintah dan sektor swasta.

Kevin menyebut Gojek kini mempersiapkan teknologi yang dapat menginformasikan status vaksinasi mitra driver kepada pelanggan.

“Keamanan layanan selalu jadi prioritas kami, apalagi saat pandemi. Sejak awal Gojek terus proaktif terlibat dalam percepatan vaksinasi COVID-19 pemerintah di berbagai daerah,” katanya.

Mitra driver Gojek adalah urat nadi logistik nasional yang menjadi penyedia layanan transportasi dan pengiriman barang serta makanan sehari-hari.

“Harapannya, mitra driver bisa melindungi diri, keluarga dan para pengguna setia layanan gojek dari risiko paparan COVID-19,” imbuh Kevin. (RCS)

Berita Terkait