Gojek dan Halodoc Rilis Telemedik untuk Penanganan Corona

JAKARTA – Gojek, Halodoc, dan Kementerian Kesehatan meluncurkan inovasi layanan telemedicine Check COVID-19 untuk bantu penanganan virus corona.

Layanan telemedicine membantu pemerintah untuk fokus dalam menangani pasien virus corona yang berada di kategori risiko tinggi atau berada dalam kondisi menengah-parah.

“Pandemi virus corona merupakan kejadian luar biasa yang membutuhkan kolaborasi erat antara pemerintah dan swasta,” kata Oscar Primadi, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI saat penandatanganan MoU di Jakarta, Senin 23 Maret 2020.

Layanan konsultasi online (telemedik) tersebut didukung oleh lebih dari 20.000 dokter berlisensi dan berpengalaman di dalam ekosistem Halodoc. Masyarakat dapat mengakses dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek.

Pengguna kemudian bisa memanfaatkan Check COVID-19 di aplikasi Halodoc, untuk berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami dan melakukan “self-assessment” atau pemeriksaaan sendiri terkait virus corona.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek mengatakan, “Kami berharap Gojek dapat menjadi tulang punggung Indonesia untuk kita bersama melewati COVID-19.”

Sementara, Jonathan Sudarta, CEO Halodoc mengatakan situasi seperti ini memerlukan terobosan yang dapat memudahkan masyarakat untuk memastikan kesehatannya.

“Kami juga telah menyiagakan lebih banyak dokter sehingga masyarakat bisa berkonsultasi secara gratis saat ini kepada dokter di kategori COVID-19 kapanpun dan dimanapun. Supaya, sistem layanan kesehatan Pemerintah bisa difokuskan kepada penanganan pasien COVID-19.”

Gojek dan Halodoc juga akan menciptakan produk baru mendesentralisasi pemeriksaan laboratorium yang direkomendasikan oleh pemerintah agar rumah sakit dapat berfokus pada pasien yang membutuhkan perawatan. Guna mendukung inisiatif ini, Gojek akan melakukan penggalangan dana swasta.

Lebih jauh lagi, saat ini Halodoc membebasbiayakan layanan konsultasi dokter umum khusus COVID-19 di aplikasinya.

Selain itu, Gojek juga akan mempermudah mobilisasi tenaga medis dari dan ke rumah sakit maupun pusat tes kesehatan melalui voucher diskon GoRide dan GoCar.

Tags:
gojekhalodocHeadlineKemenkesTelemedikVirus Corona
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: