Gojek Bantu Promosi UMKM dalam Gerakan #BanggaBuatanIndonesia

May 15, 2020, 06:45 PM UTC

Penulis: Aprilia Ciptaning

Tas Khusus untuk Pengantaran GoFood. / Gojek.com

PT Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) membantu gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang dicanangkan pemerintah melalui promosi produk dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

UMKM tersebut dapat terhubung dengan platform Gojek sehingga memiliki akses untuk terus memasarkan produknya. Selain itu, start up yang didirikan sejak 2010 ini juga memfasilitasi bisnis kuliner lewat promosi dan kurasi khusus di GoFood.

Profil UMKM yang tergabung di fitur GoMall dikurasi melalui platform JD.id. Selanjutnya, para pelaku usaha ini akan memperoleh rangkaian pelatihan wirausaha dari Gojek, yaitu Gojek Wirausaha dan Komunitas Partner GoFood untuk meningkatkan kompetensi bisnis digital. Adapun materi yang diberikan, seperti kiat berjualan online, promosi, serta tips mengatur keuangan.

Chief Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho dalam keterangan resmi, Kamis, 14 Mei 2020, mengungkapkan komitmennya dalam mendukung bisnis UMKM di masa pandemi virus corona (COVID-19).

“Masa pandemi COVID-19 menjadi ujian bagi jutaan UMKM Indonesia. Dengan semangat gotong royong, Gojek siap mendukung program ini dan mempromosikan ratusan ribu UMKM untuk menjaga keberlangsungan bisnisnya,” ungkap Shinto.

Sebagai informasi, hingga saat ini sudah terdapat kurang lebih 400.000 usaha kuliner yang bermitra dengan Gojek. Melalui kerja sama tersebut, Shinto mengatakan bahwa perusahaan akan memaksimalkan pendapatan mitra pada Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood.

Di samping itu, biaya operasional mitra juga diringankan lewat voucher belanja bahan pokok dan paket sanitasi makanan.

“Gojek menjaga kepercayaan konsumen dengan membekali 50.000 masker di outlet mitra, hand sanitizer, sabun antiseptik, dan kantong belanja GoFood lengkap dengan segel pengaman,” kata Shinto. (SKO)