Go Digital, BRI Andalkan 6 Produk Fintech

JAKARTA – Emiten pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI semakin berinovasi dengan merambah bisnis bisnis digital dalam melayani nasabahnya.

Dalam kurun waktu dua bulan, salah satu bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini telah meluncurkan enam produk financial technology (fintech). Hal itu dijalankan seiriring dengan situasi pandemi COVID-19, di mana masyarakat tetap dapat melakukan transaksi tanpa harus ke kantor cabang.

“Penggarapan dan pengembangan produk digital di masa pandemi menjadi langkah strategis dan vital untuk memberikan pelayanan bagi nasabah,” ungkap Direktur Digital, Tekonologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo dalam keterangan tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Jumat, 18 September 2020.

Tak hanya untuk bertransaksi, platform tersebut dianggap dapat membantu nasabah yang membutuhkan pinjaman untuk memulai maupun mempertahankan bisnisnya.

Adapun keenam produk tersebut meliputi, Platform Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital, Ceria Cashout, BRIBRAIN, Buka Rekening Online, BRIAPI, dan Pasar.id.

Platform Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital

Bekerja sama dengan e-commerce, seperti Tokopedia dan Shopee serta perusahaan ride-hailing Grab dan Gojek, BRI menyalurkan fasilitas KUR kepada merchant usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara digital.

Mitra dapat mendaftarkan usahanya di situs https://kur.bri.co.id untuk mengakses pembiayaan KUR dengan plafon hingga Rp25 juta. Pengajuan dapat dilakukan oleh individu atau perorangan dengan usaha produktif minimal enam bulan, serta tidak sedang menerima kredit dari perbankan, kecuali kredit konsumtif, seperti KPR, KKB, dan kartu kredit.

Dilansir dari situs resminya, berikut persyaratan pengajuan KUR digital BRI.

Kur Mikro BRI
  1. Maksimum pinjaman sebesar Rp50 juta per debitur
  2. Jenis Pinjaman, berupa Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimum masa pinjaman tiga tahun, dan Kredit Investasi (KI) dengan maksimum masa pinjaman lima tahun
  3. Suku bunga 6% efektif per tahun
  4. Bebas biaya administrasi dan provisi
Kur Kecil BRI
  1. Pinjaman Rp50 juta–Rp500 juta
  2. Jenis Pinjaman, berupa Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimum masa pinjaman empat tahun, Kredit Investasi (KI) dengan maksimum masa pinjaman lima tahun
  3. Suku bunga 6% efektif per tahun
  4. Bebas biaya administrasi dan provisi
  5. Agunan sesuai dengan peraturan bank
KUR TKI BRI
  1. Maksimum Pinjaman Rp25 juta atau berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pemerintah
  2. Suku bunga 6% efektif per tahun
  3. Bebas biaya administrasi dan provisi
  4. Maksimum masa pinjaman tiga tahun atau berdasarkan pada kontrak kerja
  5. Asal penempatan dari Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

BRIBRAIN

BRIBrain merupakan suatu platform yang menyimpan, memproses dan mengkonsolidasikan informasi dari berbagai aliran data. Platform ini dilengkapi dengan teknologi berbasis Big Data dan Artificial Intelligence (Machine Learning).

Penggunaan platform ini difokuskan untuk calon nasabah ultra mikro. Terdapat empat pilar Risk Management Framework, yakni BRILink Score, Credit Scoring, Customer Profiling, dan Internal Fraud Score.

Kegunaannya, BRIBRAIN dapat menghasilkan sistem penilaian secara real time bagi AgenBRILink, Credit Scoring yang memungkinkan BRI untuk menghasilkan penilaian akurat melalui data riwayat pinjaman.

Dalam hal ini, proses kredit approval yang biasa membutuhkan waktu dua minggu, bisa dipangkas dalam hitungan menit. Selanjutnya Customer Profiling memberikan informasi profil nasabah dan rekomendasi produk perbankan yang cocok.

Terakhir, Internal Fraud Score akan memberikan informasi mengenai nasabah yang terkena praktik penipuan, maupun memprediksi risiko penipuan berdasarkan anomali transaksi.

Buka Rekening Online

Nasabah dapat mengakses situs bukarekening.bri.co.id untuk melakukan pembukaan rekening dengan teknologi Face Recognition dan Digital Signature. Dengan demikian, nasabah tidak perlu datang ke kantor bank untuk bertatap muka dengan petugas.

Adapun pembukaan rekening hanya dapat dilakukan oleh calon nasabah dengan pemilik NIK yang didaftarkan.

Nantinya, nasabah akan mendapatkan rekening Digital Saving dan secara otomatis terdaftar sebagai user Internet Banking BRI (BRImo) sehingga rekening dapat langsung digunakan.

BRIAPI (BRI Application Programming Interface)

Sistem ini memungkinkan pihak ketiga, yakni e-commerce, fintech, dan startup digital untuk berkolaborasi dan mengintegrasikan layanan produk perbankan dari BRI, salah satunya pembukaan rekening secara digital.

Pasar.id

Pasar.id merupakan dukungan BRI kepada pengelola dan pedagang pasar melalui situs yang berisikan informasi pedagang dan barang dagangannya. Platform ini dapat diakses secara luas untuk transaksi berbelanja secara daring.

Adapun daftar pasar lengkap dengan situs masing-masing dapat diakses di laman https://promo.bri.co.id/main/promo/detail/TransaksiPasardiPasar_id .

Ceria Cashout

Pinjaman ini dilakukan melalui aplikasi LinkAja dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut.

  1. Berlaku untuk merchant di seluruh Indonesia dengan transaksi via aplikasi LinkAja
  2. Cashback sebesar 20% dalam bentuk saldo bonus LinkAja untuk menu transportasi, streaming, dan menu lain selain menu voucer game, reksa dana, emas, pajak dan retribusi, kartu uang elektronik, dan menu keuangan.
  3. Minimum transaksi Rp 100.000
  4. Maksimal cashback yang diberikan adalah sebesar Rp200.000, diberikan maksimal H + 30 setelah transaksi CERIA dilakukan
  5. Pembayaran dengan cicilan 1-12 bulan
  6. Berlaku maksimal 3x transaksi dalam 1 bulan untuk 1 Akun LinkAja
  7. Program tidak dapat digabungkan dengan promo LinkAja lainnya
  8. Program berlaku setiap hari selama periode program berlangsung, selama kuota masih tersedia
  9. Promo khusus untuk pemegang rekening Bank BRI yang mengajukan Paylater dengan BRI Ceria. (SKO)
Tags:
Bank BRIBRIBRIAPIBRIBRAINBuka Rekening OnlineBUMNCERIACovid-19financial technologyFintech P2P LendingGo DigitalgojekGrabHimbaraKUR DigitalLinkAjaPandemi Covid-19Pasar.idPlatform DigitalPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TbkshopeeTokopedia
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: