Giliran Pengusaha Galang Dana Penanganan Covid-19 Hingga Rp500 Miliar

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Roesan Perkasa Roeslani mendorong pengusaha agar turut berdonasi dalam membantu penanganan wabah virus corona (Covid-19).

“Kami berharap donasi dari berbagai perusahaan mampu menggalang pendanaan hingga Rp500 miliar. Sampai saat ini donasi yang terkumpul sejumlah Rp300 miliar lebih sedikit,” ujarnya dalam telekonferensi, Selasa, 24 Maret 2020.

Ia menyebutkan beberapa perusahaan yang telah berkomitmen untuk memberikan donasi, antara lain Ciputra Group, First Resources Ltd., Mulia, dan Wilmar Internasional. Perkembangan donasi akan dilaporkan secara berkala kepada Presiden Joko Widodo.

Selain itu, perusahaan dan lembaga yang tergabung dalam inisiatif “Pengusaha Peduli NKRI” di antaranya Astra International, Panin Group, Fajar Surya Wasesa, Wings Corporation, Rajawali Corporation, Garudafood, Nutrifood Indonesia, FKS Group, Pan Brothers, Sritex, dan Sumber Alfaria Trijaya.

Sementara itu, Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto sebagai koordinator inisiatif gerakan ini mengatakan, pemerintah melayani pengusaha dengan baik, khususnya relaksasi perizinan impor alat kesehatan.

“Kemarin dibantu dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perdagangan, langsung dalam beberapa jam bisa dikeluarkan (perizinannya),” ujar Sulistiyanto.

Saat ini, dia telah memberikan sebanyak 5.000 tes kit untuk penanganan pasien di Wisma Atlet. Selain itu, ia juga akan berpartisipasi memberikan sebanyak 2.000 alat pelindung diri (APD) melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan 10.000 masker ke Garuda. (SKO)

Tags:
BUMNCovid-19galang danaKADINKadin IndonesiaRosan Perkasa RoeslaniVirus Corona
%d blogger menyukai ini: