Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini! Catat Wilayah yang Bisa Menyaksikannya

04 Desember 2021 11:17 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

Gerhana Matahari Total Terjadi Hari Ini! Berikut Wilayah yang Bisa Menyaksikannya (Pexels.com/Drew Rae)

JAKARTA - Fenomena Gerhana Matahari Total akan terjadi hari ini, tepatnya Sabtu, 4 Desember 2021. Gerhana matahari total akan terjadi saat bulan baru lewat di depan wajah matahari, dari sudut pandang bumi.

Sayangnya, gerhana matahari total tidak dapat disaksikan di Indonesia. Dilansir dari laman resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), wilayah yang akan mengalami gerhana matahari total yakni Antartika.

Sejak pukul 07.03-08.04 Universal Time, Antartika akan terkena umbra Bulan sehingga mengalami gerhana matahari total dengan durasi antara 90 sampai 11 detik. Lebar umbra Bulan yang ada di permukaan Bumi akan bervariasi antara 421 sampai 450 km. 

Sementara, wilayah yang terkena penumbra Bulan yakni Republik Afrika Selatan, Namibia, Australia bagian selatan (Victoria, sebagian New South Wales, Teritori ibu kota Australia, dan Tasmania) akan mengalami gerhana matahari sebagian dengan lebar gerhana kurang dari 10% diameter Matahari.

Kepulauan Malvinas dan Tierra del Fuego akan mengalami gerhana matahari sebagian dengan lebar gerhana sekitar 10% sampai 40% diameter matahari. Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan juga akan mengalami gerhana matahari sebagian dengan lebar gerhana antara 93 sampai 97% diameter Matahari.

Gerhana matahari total kali ini merupakan gerhana ke-13 dari 70 gerhana dalam Seri Saros ke-152. Gerhana Matahari Total di Antartika dalam Seri Saros 152 sebelumnya pernah terjadi pada 23 November 2003 dan akan terjadi lagi pada 15 Desember 2039 dan 26 Desember 2057.

Berita Terkait