Gelar Desa Wisata Award 2021, BCA Kucurkan Dana Rp600 Juta untuk Pengembangan Pariwisata

03 September 2021 22:00 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Rizky C. Septania

Karyawan melayani nasabah di gerai BCA Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA — Untuk membangkitkan sektor pariwisata di tengah COVID-19, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program corporate social responsibility menggelar Desa Wisata Awards 2021.

Rangkaian kegiatan BCA Desa Wisata Award 2021 sudah dimulai sejak bulan April dan selama itu pula para peserta mendapatkan berbagai pelatihan dan rangkaian seleksi. Untuk mendukung penyelenggaraan ajang ini, BCA telah menyiapkan total hadiah mencapai Rp600 juta beserta pendampingan bagi pemenang kompetisi ini. 

"Di tengah kondisi seperti ini, penting sekali untuk melakukan sinergi dengan berbagai elemen untuk menciptakan daya tarik investasi yang kompetitif demi pemulihan ekonomi yang lebih baik," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam webinar, Jumat 3 September 2021.
 


Kompetisi ini telah diikuti oleh lebih dari 465 desa wisata yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia. Hingga akhirnya menyisakan 20 finalis yang masuk ke tahap penjurian.

Pada penyelenggaraannya, BCA Desa Wisata Award 2021 membuka kompetisi yang dibagi menjadi empat kategori yaitu Desa Wisata Kategori Alam, Desa Wisata Kategori Budaya, Desa Wisata Kategori Kreatif & Desa Wisata Kategori Digital.

Mulai dari tahap seleksi hingga proses penjurian ini, seluruh finalis telah mendapatkan berbagai pelatihan seperti Komunikasi dan Kepemimpinan, Teknik Foto Menggunakan Smart Phone, Social Media Branding, Perkembangan Pariwisata Indonesia, Masa Depan Desa Wisata, Teknik Presentasi & Layanan Prima 4.0.

Pada kesempatan ini, BCA mengumumkan 3 Desa Wisata sebagai pemenang kategori Desa Wisata Kategori Alam. Lalu, untuk kategori Desa Wisata Kategori Budaya dimenangi oleh 3 Desa Wisata Kategori Desa Wisata Kategori Kreatif berhasil dimenangi oleh 3 Desa Wisata dan kategori Desa Wisata Kategori Digital didapatkan 1 Desa Wisata terfavorit.

 “Kami bangga melihat seluruh antusias yang dilakukan oleh para finalis untuk menciptakan inovasi dan mengikuti seluruh rangkaian kompetisi ini. Meskipun dengan keterbatasan dan tantangan yang ada, namun saya yakin ini tidak menyurutkan para finalis untuk berjuang memperebutkan gelar pemenang,” Kata EVP CSR BCA, Inge Setiawati.

Sebagai informasi, BCA melakukan pendampingan bagi 12 desa binaan dan berbagai pelatihan seperti digital branding, pelatihan pemandu wisata, pelatihan standarisasi homestay, benchmarking dan pengembangan paket wisata.

“Tentunya Kami berharap kegiatan positif seperti ini dapat menginspirasi banyak pihak dan membantu pemulihan ekonomi di Indonesia khususnya bagi sektor pariwisata,” ujar Inge. 

Berita Terkait