Gelang Berlian Mewah Milik Ratu Prancis Marie Antoinette Akan Dilelang

11 September 2021 22:28 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Sukirno

Gelang Berlian Mewah Milik Ratu Prancis Marie Antoinette Akan Dilelang (CHRISTIE'S IMAGES LTD)

JAKARTA - Ratu Marie Antoinette memang terkenal dengan kisah berlian yang ia miliki. Akan tetapi, ada suatu kisah tentang gelang berlian miliknya, di mana Marie Antoinette berhasil mengirim gelang tersebut ke negara asalnya yaitu Austria, sebelum dieksekusi mati.

Kini, sepasang gelang berlian milik ratu terakhir Prancis tersebut yang diberi julukan "Berlian Ratu Marie Antoinette" ini akan jadi sorotan dalam pembukaan lelang 'Magnificent Jewels' yang diselenggarakan oleh Christies's pada 9 November di Jenewa.

Gelang tersebut memiliki total 112 batu potong tua, masing-masing berkisar antara satu hingga 4,5 karat, yang terbuat dari emas dan perak. Gelang dari Marie Antoinette tersebut diperkirakan memiliki berat antara 140 dan 170 karat.

Tak hanya itu, kedua gelang juga masih ada dalam kotak aslinya, yang membawa label dari tulisan tangan dan referensi inventaris oleh keturunan ratu.

Mengutip dari laman WWD, berlian merupakan kelemahan khusus bagi Marie Antoinette, sebuah fakta yang mengarah pada kejadian 'Affair of the Diamond Necklace', sebuah skandal yang turut berkontribusi pada Revolusi Prancis dan kejatuhan monarkinya dengan memperkuat reputasinya yang sudah rusak sebagai ratu yang boros.

Akan tetapi, meski selera Marie Antoinette tentang perhiasan terdokumentasi dengan baik, hanya ada sedikit perhiasan yang bisa bertahan dari waktu ke waktu.

Gelang yang dilelang ini juga merupakan benda yang sangat langka karena fakta bahwa asalnya dapat ditelusuri kembali ke inventaris (peti yang dikirim oleh Marie Antoinette).

Berlian ini dibeli Marie Antoinette pada tahun 1776 seharga 250.000 livre atau sekitar Rp4,9 miliar pada saat ini. Marie Antoinette juga dilaporkan telah membayar perhiasan itu dengan menjual beberapa batu permata yang dimilikinya, serta dari sejumlah uang milik suaminya yaitu sang raja.

Ketika Marie Antoinette harus dipenjara di Tuileries, dia kemudian mengirim gelang berlian kesayangannya ini di peti kayu kepada mantan Duta Besar Austria, Count Mercy-Argenteau. Beberapa bulan usai eksekusi kematian Marie Antoinette, kerabatnya yaitu Kaisar Francis II dari Austria memerintahkan peti tersebut dibuka, lalu berlian itu ditemukan.

Kedua gelang itu lalu diberikan kepada putri Marie Antoinette yang masih hidup, yaitu Marie Therese dari Prancis, yang disebut sebagai Madam Royale. Kemudian gelang tersebut diwariskan kepada keponakan-keponakannya saat dia meninggal tanpa anak. 

Berita Terkait