Gas Bumi PGN Mulai Masuk ke Pelanggan Kecil

JAKARTA – Memasuki Triwulan IV 2020, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) kembali menambah pelanggan gas bumi dari segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Emiten Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkode PGAS ini mulai melaksanakan penyaluran gas bumi pertama kalinya kepada pelanggan baru di Dumai, Batam, dan Palembang.

Di Kota Dumai, PGN melaksanakan gas in pada Rumah Makan Fitria Sari yang sudah berdiri selama 22 tahun. Karakteristik gas bumi yang ekonomis, aman, praktis mampu memberikan penghematan sebesar 33% kepada rumah makan tersebut.

Sales Head Dumai PGAS Arief Rachman menyebut bahwa hadirnya gas bumi di Dumai bakal memuluskan rencana ekspansi sejumlah UMKM. Seperti rencana Rumah Makan Fitria Sari yang ingin mengembangkan ruang pertemuan dan tempat makan VIP.

“Diharapkan dengan menggunakan gas bumi, PGN dapat lebih memuluskan rencana tersebut,” terang Arief dalam rilis resminya, dinukil, Kamis, 6 November 2020.

Selain di Dumai, PGN juga berhasil mendapatakan dua pelanggan baru di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Di wilayah ini, PGN menyalurkan gas bumi kepada Blue Fire dan Port House di New Harbour Bay Reklamasi.

Aman dan Efesien

Menurut Sales Area Head Batam PGAS Wendi Purwanto, pertimbangan Blue Fire dan Port House memilih gas bumi adalah efesiensi dan keamanannya. Gas bumi, kata dia, bisa membuat kedua pelanggan ini berhemat hingga maksimal Rp3 juta per bulan.

“Estimasi penghematan yang bisa didapatkan sekitar Rp2 juta-Rp3 juta per bulan,” ujar Wendi.

Selanjutnya, di wilayah Palembang terdapat penambahan pelanggan baru RM Soponyono, Restoran Letkis’s, dan Hotel Classie. Dua restoran tersebut tergolong Pelanggan Kecil 2 dengan estimasi pemakaian 50 – 1.000 m3 per bulan. Sedangkan, Hotel Classie tergolong sebagai pelanggan Bronze 1 dengan estimasi pemakaian sekitar 1000 – 10.000 m3 per bulan.

Sekretaris Perusaaan PGN Rachmat Hutama menyebut , hadirnya gas bumi di daerah-daerah tersebut merupakan wujud komitmen perseroan dalam mendorong perekonomian nasional. Terbukti, penambahan pelanggan ini juga berarti menunjukan bahwa perekonomian sudah mulai bergeliat kembali.

“PGN berkomitmen menjadi bagian dari solusi untuk meningkatkan kemampuan pelanggan di sektor usaha kecil maupun menengah di berbagai wilayah agar dapat mandiri dan berdaya saing,” tutup Rachmat

Tags:
Dumaigasjaringan gasPalembangPGASpgnPT Perusahaan Gas Negara Tbkumkm
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: