Gandeng Shopee, Hartadinata Jualan Perhiasan Emas Online

02 Juli 2020 18:15 WIB

Penulis: Issa Almawadi

Perhiasan emas PT Hartadinata Abadi Tbk. / Facebook @HartadinataAbadiTbk

JAKARTA – Emiten produsen dan penyedia perhiasan emas PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) tengah mendorong penjualan melalui jalur digital atau online. Setelah memiliki hrta.store dan Masduit, kini Hartadinata menggandeng plaform e-commerce Shopee sebagai jalur pemasaran produknya.

Chief Executive Officer Hartadinata Sandra Sunanto mengatakan, inovasi-inovasi digital ini merupakan bagian dari rencana strategis perseroan tahun 2020 untuk memperpendek jalur pemasaran dan mendekatkan diri dengan para pelanggan.

“Namun, implementasinya kami percepat karena adanya pandemi COVID-19, serta untuk menanggapi era new normal, di mana kesehatan para pelanggan dan karyawan menjadi prioritas utama bagi kami,” ungkap Sandra melalui keterangan tertulis, Kamis, 2 Juli 2020.

Mengenai kerja sama dengan Shopee, Hartadinata memberikan produk koleksi perhiasan eksklusif Aurum Collection Centre (ACC) by Hartadinata Official Mall. Artinya, produk ini tidak akan tersedia di kanal e-commerce lainnya.

Sandra menyampaikan, Shopee dipilih karena merupakan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Shopee menjadi platform belanja online yang paling digemari oleh perempuan dewasa, menikah maupun remaja di seluruh Indonesia, sehingga cocok sekali dengan target pasar Hartadinata.

Sandra menambahkan, ACC by Hartadinata Official Mall menghadirkan beragam pilihan produk yang luas, yaitu cincin kasual, kalung nama, liontin, gelang, cincin/couple ring dan logam mulia mulai dari pecahan 0,1 gram. “Keunggulan lainnya adalah pembeli perhiasan dari platform Shopee dapat menjual kembali perhiasannya ke toko-toko ACC Hartadinata yang tersedia di seluruh wilayah Indonesia,” jelas Sandra.

Belanja dari Rumah

Head of Brands Management Shopee Indonesia, Daniel Minardi mengatakan,Shopee berupaya untuk terus mendukung mitra brand dalam meningkatkan online presence serta menghadirkan kemudahan akses terhadap rangkaian produk dari mitra brand terpercaya kepada pengguna.

“Sejalan dengan kampanye #ShopeeDariRumah, kami berharap kerja sama ini memperluas pilihan produk dan dapat memberikan pengalaman belanja online terbaik dan aman dalam belanja perhiasan emas bagi pengguna di seluruh Indonesia,” kata Daniel.

Sebagai tambahan informasi, hingga kuartal I-2020, Hartadinata mencatat penjualan Rp850,24 miliar atau naik 9,13% dari periode sama 2019.

Dari jumlah itu, sebagian besar penjualan perhiasan dan logam mulai Hartadinata berasal dari grosir Rp748,45 miliar, sementara penjualan melalui toko hanya mencapai Rp94,04 miliar.

Sayangnya, kenaikan beban keuangan sebesar hingga 108,1% menjadi Rp20,29 miliar menggerus laba bersih perseroan menjadi Rp36,76 miliar atau turun 9,35% dari Rp40,55 miliar pada kuartal I-2019. (SKO)

Berita Terkait