Gandeng Perusahaan Asal Singapura, Erajaya (ERAA) Bentuk Joint Venture Garap Bisnis Gift Card

21 September 2022 22:15 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Ananda Astri Dianka

Manajemen distributor ponsel dan elektronik PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) / Dok. Perseroan

JAKARTA – PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) melalui anak usaha tidak langsung yaitu PT Prakarsa Prima Sentosa (PPS) mendirikan perusahaan patungan (joint venture) dengan perusahaan asal Singapura, Blackhawk Network Pte Ltd (BHN). 

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dipublikasikan Rabu 21 September 2022, ERAA menyebutkan tujuan transaksi ini adalah untuk merambah bisnis gift cardGift card adalah kartu dengan nominal tertentu yang bisa dijadikan sebagai alat pembayaran di toko tertentu. 

"Tujuan transaksi untuk membentuk suatu perusahaan patungan yang bergerak melakukan pemasaran sejumlah produk, baik gift card, seperti e-gift card, prepaid card, unique gift card, dan digital commerce," tulis Amelia Allen, Head of Legal & Corporate Secretary ERAA. 

Ia mengatakan, pembantukan perusahaan patungan akan memberikan dampak pada bertambahnya lini bisnis yang dimiliki oleh perseroan. Adapun pembentukan usaha patungan ini tercatat pada 21 September 2022. ERAA menyebut, tidak ada hubungan afiliasi antara pihak-pihak yang melakukan transaksi. 

Sebagai informasi, Prakarsa Prima Sentosa merupakan anak perusahaan terkendali dengan kepemilikan secara tidak langsung melalui PT Erafone Artha Retailindo (EAR), dengan persentase kepemilikan 80% oleh Erajaya. EAR merupakan anak usaha yang berada di bawah vertical business Erajaya Digital. 

Sementara Blackhawk Network Pte Ltd (BHN) merupakan suatu perseroan terbatas yang didirikan dan tunduk berdasarkan hukum negara Singapura.

Berita Terkait