Gandeng Pengembang Asal Singapura, Bumi Serpong Damai Bakal Garap Proyek TOD di Tangerang

JAKARTA-Emiten properti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) bakal mengembangkan kawasan transit oriented development (TOD) di Tangerang.

Proyek itu nantinya akan digarap perseroan dengan menggandeng Mitbana Pte. Ltd yaitu perusahaan patungan antara Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong.

Wakil Presiden Direktur Bumi Serpong Damai Michael Widjaja mengatakan kerja sama antara perseroan dan Mitbana akan membuat pengembangan terintegrasi berbasis TOD berdasarkan tren urban saat ini, khususnya dengan pertimbangan pasca-pandemi.

Menurut Michael melalui kerja sama tersebut, perusahaan asal Singapura ini akan menjadi mitra pengembang terbesar perusahaan bersandi saham BSDE itu di wilayah Bumi Serpong Damai (BSD) City.

“Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia,” sebut Michael dalam keterangan resmi, Minggu, 13 September 2020.

Rencana Pengembangan

Menurut rencana, pengembangan TOD dilakukan pada lahan di BSD City seluas 100 hektare. Konsep ini akan mencakup beberapa hal meliputi rumah tinggal, properti komersial, fasilitas pendukung terkait, serta fasilitas transportasi publik yang terintegrasi.

“Infrastruktur yang baik dalam pengembangan ini akan turut mendukung pemerintah Indonesia untuk mengelola konektivitas yang baik bagi warga dan para komuter di Jakarta dan Tangerang,” tutur dia.

Michael menyebutkan kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land merupakan bukti nyata kepercayaan kedua negara tersebut terhadap perkembangan ekonomi Indonesia dan memperbaharui komitmen ketiga perusahaan dalam sinergi ekonomi.

Sementara itu, CEO Mitbana Gareth Wong menyampaikan seiring dengan pandemi yang terjadi, kondisi lingkungan hidup di masa depan juga harus berubah. Pengembangan smart TOD ini diharapkan dapat menjadi standar baru pembuatan lingkungan terintegrasi.

Kerja sama BSD dengan Misubishi juga semakin mempererat hubungan antara kedua pihak. Sebelumnya, Misubishi dan BSDE telah mengembangkan proyek residensial. Proyek itu adalah The Zora. Pengembangan proyek itu menggunakan teknologi rumah pintar (smart home) yang dipasok oleh Mitsubishi.

Sementara itu, induk usaha BSDE yakni Sinar Mas Land juga telah menggandeng Surbana Jurong untuk membangun sebuah kawasan berbasis eco-digital di Nongsa, Batam.

Tags:
BSD CityBSDEemiten propertiHeadlinePropertiPT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)Sinar Mas LandTODtransit oriented development
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: