Gandeng Kominfo, Grab Tingkatkan Literasi Digital di Indonesia Timur

14 Januari 2022 14:00 WIB

Penulis: Adinda Purnama Rachmani

Editor: Rizky C. Septania

Pengemudi GrabFood melayani pemesanan makanan di salah satu Restoran Pilihan GrabFood. / Grab

JAKARTA -  Grab Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam meningkatkan literasi digital di Indonesia, termasuk untuk pengusaha kecil dan menengah (UMKM) ke wilayah Indonesia Timur.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan pihaknya juga mendukung isu teknologi terkini dari Kominfo di presidensi G20 Indonesia 2022. Dimana literasi digital tersebut menjadi fokus pemerintah saat ini,

"Sejalan dengan Kementerian Kominfo, Grab percaya bahwa ekonomi digital inklusif dapat terwujud dengan partisipasi aktif pengusaha kecil dan menengah. Dengan semangat GrabForFood, Grab membuka akses ke ekosistem teknoloinya yang komperhensif agar bisa dimanfaatkan oleh Kominfo dalam memperkuat implementasi program perluasan literasi digital di Indonesia,"kata Ridzki Kramadibrata, dalam keterangan resmi, yang dikutip Jumat, 14 Januari 2022.

Selain itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengatakan sangat penting adanya kerja sama strategis antara pemerintah dan perusahaan teknologi mendorong literasi digital di Indoneisa.

Dari bantuan perusahaan teknologi seperti ini bisa lebih mudah menyasar pengusaha kecil dan menengah.

"Literasi digital menjadi salah satu program utama Kementerian Komunikasi dan Informatika, dimana kami turut menyuarakan topik tersebut di berbagai forum seperti G20 Indonesia 2022. Kami melihat perusahaan teknologi sebagai mitra strategis dalam mengimplementasikan program literasi digital pemerintah, khususnya menyasar pengusaha kecil dan menengah di Indonesia," kata Johnny.

"Grab adalah mitra yang tepat karena memiliki ekosistem teknologi yang mumpuni serta akses ke pengusaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia. Selain komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital secara influsif," tambah Johnny.

Nantinya Grab akan membuka akses fitur, layanan dan inisiatif yang tercakup dalam ekosistem teknologi miliknya, untuk mendorong program literasi digital Kominfo. 

Berita Terkait