Gandeng Blibli dan Bank BRI, Menteri Agus Gumiwang Gelar Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia

JAKARTA – Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) menggelar Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBIfest). Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan gairah pasar produk industri kecil dan menengah (IKM).

BMBIfest adalah kegiatan pameran virtual pertama yang diselenggarakan oleh Kemenperin. Rangkaian acara yang akan berlangsung selama tiga hari ini sebagai tindak lanjut dari Gerakan #BanggaBuatanIndonesia (Gernas BBI).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, acara ini guna mempermudah akses masyarakat Indonesia utamanya pelaku industri untuk menemukan pelaku IKM pembuat peralatan/permesinan lokal. Dengan begitu, di harapkan sekaligus dapat menanggulangi dampak pandemi yang menimpa pelaku IKM.

“Acara ini diselenggarakan untuk mempermudah akses masyarakat Indonesia utamanya pelaku industri menemukan pelaku IKM pembuat peralatan/permesinan lokal. Sekaligus untuk memperluas dan menggairahkan pemasaran dan jaringan IKM peralatan dan permesinan Indonesia,” kata Agus dalam pembukaan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia di Jakarta, Selasa 15 September 2020.

Agus menjelaskan, festival ini sekaligus meluncurkan virtual hub produk IKM permesinan di Blibli dengan nama official store Galeri Mesin Lokal yang menampung IKM permesinan dengan tujuh kategori produk. Diantaranya mesin pengolahan makanan dan minuman; mesin industri lainnya; mesin/alat kesehatan; elektronik/kelistrikan; alat/mesin teknologi tinggi; alat/mesin pertanian dan perikanan; dan alat transportasi.

“Kini melalui hub pemasaran online produk IKM permesinan, dengan nama Galeri Mesin Lokal yang bekerja sama dengan Blibli diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan pelaku usaha menemukan IKM pembuat peralatan/permesinan lokal,” ujar Agus.

Ia menilai, saat ini era normal baru telah mengubah perilaku belanja masyarakat. Dampak pandemi mempercepat transformasi digital baik untuk pelaku bisnis maupun masyarakat.

Menurut data Bank Indonesia, terjadi lonjakan transaksi perdagangan online sebesar 18,1% pada Maret 2020. Kemudian berdasarkan data BPS 2019 menyebutkan bahwa usaha yang menggunakan e-commerce hanya sebesar 15,08%, sisanya 84,92% masih menjalankan usaha secara konvensional.

“Melalui Festival Bangga Mesin Buatan Indonesia diharapkan IKM peralatan/permesinan Indonesia memasuki tren business digital yang berdampak pada perluasan pemasaran dan jaringan IKM melalui teknologi digital,” tuturnya.

Kolaborasi Dengan E-Commerce

Chief Executive Officer Blibli, Kusumo Martanto mendukung peluncuran virtual hub Galeri Mesin Lokal yang di inisiasi oleh Kemenperin tersebut. Sebagai salah satu e-commerce Tanah Air, ia mengaku bangga bisa dilibatkan dalam kegiatan ini.

“Transformasi bersama menuju Industri 4.0 merupakan kunci bagi seluruh pelaku industri khususnya pelaku IKM dan UMKM agar dapat naik kelas,” imbuhnya.

Pihaknya juga berkomitmen dalam mendukung akselerasi pengadopsian teknologi digital bagi para pelaku IKM dan UMKM. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan bisnis IKM dan UMKM dalam negeri.

“Blibli ingin terus hadir mendorong pelaku IKM dan UMKM agar dapat terus memperkuat dan mengembangkan usahanya,” tutup Kusumo.

Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBIfest) ini diikuti oleh 47 IKM peralatan permesinan. Selain itu, kegiatan juga diramaikan oleh Blibli, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI, serta klinik pelayanan oleh Ditjen IKMA.

Rencananya kegiatakan akan diselenggarakan selama tiga hari mulai dari 15 september hingga 17 September 2020. Dalam rangkaian kegiatan tersebut akan ada enam topik webinar yang membahas seputar teknologi agrobisnis dan agroindustri serta produk inovasi IKM.

BMBIFest dibuka untuk umum dan dapat diakses secara gratis dengan terlebih dahulu mendaftar melalui situs www.bmbifest.id.

Tags:
Agus GumiwangBank BRIBlibliBMBIfestFestival Virtual Bangga Mesin Buatan IndonesiaIndustri Kecil MenengahKementerian PerindustrianMenteri Perindustrianumkm
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: