Gandeng AKR Corporindo, British Petroleum Akan Membangun 350 SPBU di Indonesia

TrenAsia (TA) - JAKARTA. British Petroleum (BP) tengah mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia dengan menargetkan pembangunan  350 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU). Ekspansi BP dilakukan dengan menggandeng perusahaan lokal yang bergerak di bidang distribusi bahan bakar, PT AKR Corporindo Tbk. 

SPBU yang didirikan BP pertama kali berada di Jl. Rawa Buntu, Serpong – Tangerang Selatan, Banten Indonesia (sebelah Bebek Kaleyo BSD) pada akhir November ini. Di Indonesia, BP akan menawarkan tiga jenis bensin yakni BP90, BP92 dan BP95 yang mengandung formula teknologi ACTIVE untuk membantu melindungi mesin mobil. 

BP mendandatangani perjanjian dengan PT AKR Corporindo Tbk pada bulan April tahun 2017 untuk membentuk perusahaan patungan bernama PT. Aneka Petroindo Raya (APR). Perusahaan tersebut membuka beberapa SPBU di Indonesia dengan nama BP AKR Fuels Retail.

Corporate Secretary and Head of Investor Relation AKR Corporindo Ricardo Silaen mengatakan, SPBU pertama hasil kolaborasi dua perusahaan tersebut saat ini telah berdiri di De Latinos, Serpong, Tangerang, dengan nama BP AKR Fuel Retail. “Dalam waktu dekat akan ada SPBU BP lainnya yang juga siap beroperasi,” kata Ricardo kepada wartawan, Rabu (28/11). 

Dalam waktu 10 tahun, BP dan AKR menargetkan pembangunan 350 SBPU di seluruh Indonesia. Ricardo mengatakan, pembangunan SPBU yang pertama ini menandai keseriusan BP untuk menjajaki dan memasarkan BBM di Indonesia. 

Ricardo mengklaim, kualitas BBM yang dipasarkannya lebih baik dari para pesaingnya. SPBU tersebut akan memasarkan bahan bakar dengan harga sedikit lebih murah dibandingkan dengan perusahaan BBM di luar Pertamina.  

“Untuk harga karena memang untuk bisnis, kita set agar kompetitif dengan punya kompetitor, tapi memang penetapannya kita lakukan sesuai harga minyak mentah dunia,” kata Ricardo.

Presiden Direktur AKR Haryanto Adikoesoemo menjelaskan bila kehadiran BP akan memberikan pengalaman dan layanan yang berbeda. BP sendiri, merupakan perusahaan minyak dan gas asal Inggris yang sudah dikenal baik di pasar Amerika Serikat dan Eropa. Salah satu merek pelumas kendaraan BP yang terkenal adalah Castrol. 

“Kami akan memenuhi kebutuhan BBM berkualitas untuk konsumen di bawah brand BP, kami juga akan membuka banyak gerai SPBU lain di Indonesia yang akan menciptakan ribuan kesempatan kerja,” tutur Haryanto. 

Di Indonesia, BP akan menawarkan tiga jenis bensin yakni BP90, BP92 dan BP95. Masing-masing mengandung formula teknologi ACTIVE untuk membantu melindungi mesin mobil dari penumpukan kotoran.  (Hidayat, SN)