Gagal Seleksi Kartu Prakerja? Perhatikan Tips Berikut Ini

26 Mei 2022 13:09 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Fakhri Rezy

Ilustrasi pembukaan kartu prakerja gelombang 30 (Hasil tangkap layar Trenasia)

JAKARTA – Program kartu prakerja pertama kali diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada tahun 2020. Saat ini, sudah memasuki gelombang 30 yang secara resmi telah di buka pada Sabtu, 21 Mei 2022. 

Tidak sedikit masyarakat yang antusia ingin mengikuti program ini. Mereka berharap bisa mendapatkan kesempatan ini sehingga dana pelatihannya bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan guna menyiapkan pembekalan kompetensi kerja. Namun, tidak sedikit dari mereka yang gagal seleksi walau sudah mencoba berkali-kali.

Oleh karena itu, Trenasia.com telah merangkum beberapa tips jitu yang wajib dicoba untuk para calon perserta yang belum mendapatkan kesempatan atau baru ingin mencoba program ini.

1. Lengkapi syarat yang diminta

Hal pertama yang harus Anda perhatikan yakni mengenai syarat yang berlaku. Pastikan Anda masuk dalam kategori tersebut. Adapun syaratnya yakni warga negara Indonesia, minimal berusia 18 tahun, tidak sedang menempuh pendidikan formal, bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota POLRI, kepala desa dan perangkat desa dan direksi, komisaris, dewan pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

2. Pastikan email dan nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar masih aktif

Hal ini penting diperhatikan karena verifikasi akun dan setiap informasi akan disampaikan melalui email dan SMS.

3. Unggah foto KTP dengan jelas 

Sebaiknya Anda berswafoto menggunakan kamera handphone. Usahakan pada saat pengambilan gambar, wajah Anda mendapatkan cahaya yang cukup sehingga foto nantinya akan terlihat jelas. Jangan menggunakan aksesoris seperti topi, kacamata, masker, dan lainnya. 

4. Pastikan data yang dimasukkan telah sesuai dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)

Anda harus memastikan data yang akan dimasukan sesuai dengan Dukcapil. Jika data tidak sesuai, Anda bisa menghubungi Dukcapil untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

5. Izinkan akses lokasi dengan klik tombol allow saat notifikasi muncul

Dengan demikian tips jitu yang wajib anda perhatikan untuk mengikuti program kartu prakerja. Selamat mencoba dan semoga lolos program ini.

Berita Terkait