Gaet Flip, Bank Danamon Mudahkan Nasabah Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Tambahan

27 September 2021 21:35 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Amirudin Zuhri

Gedung kantor Bank Danamon di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) resmi menggandeng PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (Flip) sebagai penyedia layanan transfer uang antar bank. Melalui kolaborasi ini Danamon bergabung dengan bank-bank papan atas yang telah menjadi mitra Flip untuk transaksi transfer antar bank.

“Danamon mengedepankan kemitraan dengan pelaku bisnis digital di Indonesia dalam meningkatkan layanan perbankan digital dan memperluas akses layanan kepada nasabah,” jelas TB Digital & Customer Experience Head Danamon Firdody Fairahmad dalam keterangan tertulis, Senin, 27 September 2021. 

Kemitraan ini menjadi langkah Bank Danamon untuk memberikan kemudahan bertransaksi bagi nasabahnya. Firdody bilang kemitraan ini diharapkan berlangsung hingga jangka panjang

“Melalui sinergi ini Danamon menghadirkan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi dengan cepat, aman dan nyaman melalui aplikasi Flip. Besar harapan kami agar kolaborasi digital ini menjadi awal dari kemitraan yang semakin produktif dan langgeng,” ujar Firdody.

Sebagai mitra, Flip telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia (BI) untuk menyediakan layanan transfer antar bank di Indonesia. startup yang berdiri sejak 2015 ini menyebut telah memiliki lima juta pengguna dengan nilai transaksi menyentuh triliunan per bulan. 

Product Manager Lead dari Flip Riza Herzego mengatakan Bank Danamon merupakan mitra strategis yang telah lama diincar oleh perseroan. Pasalnya, Bank Danamom tercatat sebagai Bank Umum Kegitan Usaha (BUKU) IV yang diminati pengguna.

“Memberikan kemudahan dalam transfer antar bank tanpa biaya admin tidak mungkin terjadi tanpa adanya kerjasama dengan bank-bank besar Indonesia, salah satunya Danamon. Danamon yang telah menjadi bank BUKU 4 pun juga menjadi salah satu bank yang paling diminati oleh pengguna kami, sehingga kami akhirnya melakukan kerjasama ini,” kata Riza.

Sebagai informasi, Bank Danamon merupakan bank dengan aset terbesar ke-9 di Indonesia. Emiten bersandi BDMN mencetak total aset Rp193,75 triliun, turun 3,55% dibandingkan dengan akhir 2020 Rp200,89 triliun.

Aset Bank Danamon tak luput dari terkoreksinya DPK sebanyak 3,92% menjadi Rp118,83 triliun dari akhir 2020 Rp123,73 triliun. Sementara penyaluran kredit terkikis 3,19% menjadi Rp99,14 triliun, padahal pada akhir 2020 masih mampu menyalurkan Rp102,41 triliun.

Berita Terkait