Fokus Genjot UMKM di 5 Destinasi Super Prioritas, Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal 2021

02 September 2021 00:30 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Rizky C. Septania

Perajin menyelesaikan pembuatan batik di Sentra Kerajinan Batik Tradisiku, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 24 Agustus 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA — Untuk kedua kalinya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance menyelenggarakan program Festival Kreatif Lokal 2021.

Program yang juga sebagai rangkaian ulang tahun Adira Finance ke-31 ini merupakan upaya perseroan untuk mengembangkan UMKM di wilayah lima destinasi super prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. 

Kali ini, Adira Finance kembali menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memberikan pelatihan serta suntikan modal kepada UMKM terpilih nantinya.

“Kegiatan ini mendukung upaya pemerintah untuk mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif UMKM unggulan sub sektor kuliner, kriya, dan fashion,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual, Rabu 1 September 2021.


Sandi mengakui, pemerintah tak bisa bergerak sendiri untuk memajukan UMKM ke kancah global. Ia berharap, kegiatan ini juga dapat melahirkan UMKM yang tanggung dan cermat memanfaatkan peluang pasar dan cerdas menggunakan media digital.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, menyampaikan pemerintah sangat antusias berkolaborasi dengan pihak swasta seperti Adira Finance. Apalagi, tahun lalu program serupa sukses memberikan pelatihan dan workshop kepada 1079 UMKM.

“Fokus pada destinasi super prioritas, kami tentunya ingin pariwisata tak hanya mengandalkan kekayaan alam dan budaya, tetapi juga produk ekonomi kreatif. Kalau bicara destinasi pariwisata, tentu ujung-ujungnya enggak bisa lepas dari buah tangan,” Ujar Nia.

Semantara itu, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menyampaikan bahwa Festival Kreatif Lokal 2021 meliputi serangkaian kegiatan. Yaitu kreatif lokal award sebagai apresiasi Adira Finance kepada pelaku wirausaha atas prestasi dan usaha memberdayakan masyarakat.

Selanjutnya, kegiatan malam gebyar Adira pada November 2021 mendatang di Candi Borobudur, Jawa Tengah, yang bertepatan dengan ulang tahun Adira Finance ke -31. 

“Kami juga akan mengumpulkan para pemenang kreatif lokal award di Borobudur,” ucap Hafid.

Berita Terkait