Fitch Tetapkan 8 Obligasi Tower Bersama (TBIG) dengan Peringkat AA+

16 November 2021 18:30 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Vega Aulia

Ilustrasi bisnis PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. / Tower-bersama.com

JAKARTA – Lembaga pemeringkat PT Fitch Ratings Indonesia menyematkan peringkat AA+(idn) atas 8 obligasi emiten menara milik Grup Saratoga, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dengan outlook stabil.

Surat utang tersebut di antaranya Obligasi Berkelanjutan III Tower Bersama Infrastructure Tahap IV Tahun 2020 Seri B dengan nilai pokok Rp867 miliar. Lalu, Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap I Tahun 2020 Seri B dengan jumlah pokok Rp469 miliar. 

Kemudian, Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap II Tahun 2020 Seri A berjumlah pokok Rp295 miliar. Selanjutnya, Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap II Tahun 2020 Seri A dengan jumlah pokok Rp455 miliar. 

Selanjutnya, Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap III Tahun 2021 Seri A dengan jumlah pokok Rp1,9 triliun. Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap III Tahun 2021 Seri A dengan nilai pokok Rp1,02 triliun.

Lalu, Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap IV Tahun 2021 dengan jumlah pokok Rp970 miliar serta Obligasi Berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure Tahap I Tahun 2021 dengan nilai pokok Rp1,2 triliun.

“Peringkat ini berlaku selama 1 tahun, berlaku sejak 12 November 2021,” ujar Direktur Keuangan TBIG, Helmy Yusman Santoso melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, 16 November 2021.

Direktur Fitch Ratings Indonesia, Iwan Wisaksana memastikan tidak ada jaminan bahwa surat utang-surat utang di bawah program berkelanjutan yang diterbitkan pada tahap-tahap berikutnya akan diperingkat, atau akan sama dengan peringkat yang telah ditetapkan.

“Dalam menerbitkan dan memantau pemeringkatannya, Fitch mengandalkan informasi faktual yang diterimanya dari para emiten dan dari sumber lainnya yang Fitch percayai kredibilitasnya,” imbuhnya di lain kesempatan.

Ia bilang, pihaknya melakukan pemeriksaan yang masuk akal sehubungan dengan informasi faktual sesuai dengan metodologi pemeringkatannya, dan mendapatkan verifikasi yang masuk akal mengenai informasi tersebut dari sumber yang independen.

Berita Terkait