Fitch Revisi Outlook Bank CIMB Niaga Dari AA+ Negatif ke AA+ Stabil

02 Desember 2021 09:32 WIB

Penulis: Yosi Winosa

Editor: Sukirno

Fitch Revisi Outlook Bank CIMB Niaga Dari AA+ Negatif ke AA+ Stabil (Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA - Lembaga pemeringkat PT Fitch Ratings Indonesia mengafirmasi peringkat nasional jangka panjang PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) pada ’AA+(idn)’ dan merevisi outlook-nya dari negatif menjadi stabil. Sementara untuk peringkat nasional jangka pendek BNGA, Fitch memberi peringkat ’F1+(idn)'.

Dalam keterbukaaan informasi BEI, Fitch menjelaskan bahwa dalam pemeringkatan yang dilakukannya, Fitch berpandangan ke depan dan menggambarkan asumsi dan perkiraan mengenai kejadian-kejadian di masa depan. Fitch juga memberikan peringkat-peringkat berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu dan secara berkelanjutan dievaluasi dan diperbaharui. 

Direktur PT Fitch Ratings Indonesia Iwan Wisaksana menyatakan pemeringkatan Fitch adalah produk pekerjaan kolektif dari Fitch dan tidak ada pribadi atau sekelompok pribadi yang secara terpisah bertanggung jawab atas sebuah peringkat. 

“Pemeringkatan bukanlah sebuah rekomendasi atau saran. Fitch bukanlah penasihat anda, Fitch juga tidak menyediakan bagi anda atau bagi siapapun juga nasihat apapun secara finansial, legal, auditing, akuntansi, appraisal, penilaian atau jasa aktuaria. Sebuah peringkat hendaknya tidak dipandang sebagai pengganti dari jasa atau nasihat tersebut,” kata dia seperti dikutip Rabu, 1 Desember 2021.

Ditambahkan Iwan, Fitch memonitor peringkat secara terus menerus dan akan memperbaharui peringkat panjang PT Bank CIMB Niaga Tbk setidaknya sekali dalam satu tahun. 

Peringkat dapat dinaikkan, diturunkan, dicabut, atau dimasukkan dalam Peringkat Yang Dipantau/Rating Watch karena perubahan-perubahan, tambahan-tambahan, keakuratan atau ketidakakuratan informasi atau karena alasan lainnya yang dianggap cukup oleh Fitch. 

“Peringkat publik akan valid dan efektif hanya setelah publikasi peringkat di situswww.fitchratings.com,” tambah Iwan. 

Berita Terkait