First Pacific Milik Anthoni Salim Restui Indofood CBP Akuisisi Pinehill, Tapi…

17 Juli 2020 19:42 WIB

Penulis: Issa Almawadi

Pemilik Grup Indofood, Anthoni Salim. / Nikkei

JAKARTA – Saham dua emiten milik konglomerat Anthoni Salim, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) kompak melemah menutup perdagangan hari ini, Jumat, 17 Juli 2020.

Saham INDF melemah 1,13% ke level Rp6.550, sementara saham ICBP turun 3,13% ke level Rp9.275.

Pelemahan kedua saham Grup Salim tersebut bertolak belakang dengan kabar persetujuan rencana akuisisi akuisisi perusahaan mi instan asal Timur Tengah dan Afrika Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake Limited dari Pinehill Company Limited.

Persetujuan rencana akuisisi itu tertuang dalam hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) First Pacific Company Limited yang berlangsung hari ini. Dalam RUPSLB itu, First Pacific menjelaskan, telah menyetujui rencana Indofood CBP sebagai anak usaha tidak langsung perusahaan dalam mengakuisisi kepemilikan Pinehill.

Nilainya mencapai US$2,99 miliar atau setara dengan Rp44,2 triliun.

Struktur Pinehill Company

Seperti diketahui, Grup Pinehill Company memiliki penyertaan saham di empat perusahaan di berbagai negara. Pertama, sebanyak 59% saham Pinehill Arabia Food Limited. Perusahaan ini berdomisili di Arab Saudi yang bergerak di bisang industri manufaktur mi instan.

Kedua, sebanyak 100% saham Platinum Stream Profits Limited, perusahaan investasi di BVI. Nah, Platinum Stream ini memiliki 48,99% saham Dufil Prima Foods Plc., yang berada di Nigeria, perusahaan produsen mi instan di Nigeria dan Ghana.

Ketiga, sebanyak 59% saham Salim Wazaran Group Limited, perusahaan investasi di BVI. Perusahaan ini memiliki setidaknya 80% saham di industri manufaktur mi instan di Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia.

Keempat, sebanyak 59% saham Salim Wazaran Gida Sanayi Ve Yatrim Anonim Sirketi, perusahaan joint stock di Turki. Perusahaan investasi ini menggenggam setidaknya 80% saham Adkoturk Gida Saneyi Ve Ticaret Limited Sirketi, produsen mi instan di Turki.

Pro-Kontra Transaksi Akuisisi

Memang, transaksi yang sudah diungkapkan sejak 11 Februari 2020 ini sebelumnya menuai pro kontra lantaran pemilik Pinehill adalah Anthoni Salim, Direktur Utama Indofood CBP Sukses Makmur, anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF).

Akan tetapi, saham konsorsium Pinehill Corpora digenggam oleh Anthoni Salim secara tidak langsung sebesar 49%. Kerabat Anthoni Salim juga mengempit secara tidak langsung 8,3% saham Pinehill Corpora. Sisanya, sebanyak 42,7% saham Pinehill Corpora dimiliki pihak ketiga yang independen dan tidak terafiliasi.

Sementara Steele Lake, dimiliki secara tidak langsung oleh ASM Telok Ayer Fund, sebuah reksa dana discretionary yang dikelola dan dikendalikan oleh Argyle Street Management Limited (ASM). ASM ini berdiri pada 2002 dan berkantor pusat di Hong Kong.

ASM merupakan pengelola aset yang beroperasi di Asia Tenggara dan China. Salah satu reksa dana investasi berada dalam perusahaan yang dikendalikan oleh Anthoni Salim. Anthoni menjadi pemegang saham tunggal di perusahaan yang menjadi rekan terbatas di salah satu reksa dana yang dikelola oleh ASM.

Untuk itu, manajemen Indofood CBP meyakini Steel Lake tidak dimiliki oleh Anthoni Salim, sehingga bukan perusahaan afiliasi. (SKO)

Berita Terkait