Film Penyalin Cahaya Borong 12 Piala Penghargaan FFI 2021

11 November 2021 13:42 WIB

Penulis: Vega Aulia

Editor: Vega Aulia

Film Penyalin Cahaya Borong 12 Piala Penghargaan FFI 2021 (Foto: instagram.com/festivalfilmid)

JAKARTA – Film Penyalin Cahaya (Photocopier) berhasil memborong 12 piala penghargaan dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2021 termasuk film cerita panjang terbaik, sutradara terbaik, pemeran pendukung pria terbaik hingga pemeran utama pria terbaik. 

Seperti dikutip dari laman instagram @festivalfilmid, film besutan sutradara Wregas Bhanuteja ini secara total berhasil masuk dalam 17 kategori penghargaan dalam FFI 2021, terbanyak dari nominee yang ada.

Bagi sutradara Wregas sendiri, ini merupakan film panjang pertamanya, setelah sebelumnya dia lebih banyak menyutradarai film pendek. 

Film Penyalin Cahaya rencananya akan tayang di platform movie streaming Netflix pada 13 Januari 2022. Sebelumnya, film ini telah tayang perdana secara internasional (world premiere) pada 8 Oktober 2021 di 26th BUSAN International Film Festival, Korea Selatan. 

Berikut adalah 12 piala penghargaan FFI yang diborong film Penyalin Cahaya:

1. Film Cerita Panjang Terbaik 

2. Sutradara Terbaik  

3. Pemeran Utama Pria Terbaik 

4. Penulis Skenario Asli Terbaik 

5. Pengarah Sinematografi Terbaik 

6. Pengarah Artistik Terbaik 

7. Penata Suara Terbaik 

8. Pencipta Lagu Tema Terbaik 

9. Penata Musik Terbaik

10. Penyunting Gambar Terbaik

11. Pemeran Pendukung Pria Terbaik

12. Penata Busana Terbaik

Film ini sendiri bercerita tentang Sur, yang harus kehilangan beasiswanya usai swafotonya dalam keadaan mabuk beredar. Hal ini dianggap mencemarkan nama baik fakultas. Sur tidak ingat apapun yang terjadi padanya ketika itu, ketika kali pertama Sur datang ke pesta kemenangan teater kampusnya, dan mendapati dirinya tidak sadarkan diri. 

Sur lalu meminta bantuan Amin, teman masa kecilnya, seorang tukang fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus, untuk mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi pada dirinya di malam pesta. Film ini di antaranya dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Lutesha, Jerome Kurnia, Dea Panendra, dan Giulio Parengkuan. 

Sebelumnya, malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2021 telah diselenggarakan pada Rabu, 10 November 2021. Acara ini dihadiri juga oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim. 

Berita Terkait