Fans K-Pop Nominasikan Tokopedia Gunakan Energi Terbarukan Pada Tahun 2030

02 Oktober 2021 00:12 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ismail Pohan

Fans k-pop yang tergabung dalam kpop4planeti menyerahkan petisi “tokopedia4bumi” dan menominasikan e-commerces terbesar di Indonesia Tokopedia untuk segera berkomitmen untuk 100% Energi Terbarukan pada Tahun 2030, Jumat 1 Oktober 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Penggemar K-pop yang tergabung dalam kpop4planet yang mendorong aksi iklim, hari ini melakukan aksi berupa membentangkan poster dan menyerahkan petisi yang meminta perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia, untuk menggunakan 100% energi terbarukan pada 2030. Aksi ini dilakukan di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Oktober 2021. 

Kampanye bertajuk “Tokopedia 4 Bumi” ("Tokopedia untuk Bumi") mendorong aksi nyata perusahaan tersebut untuk mengambil tindakan membantu membatasi pemanasan global. Penyerahan nominasi dilakukan secara kreatif dan damai pleh kpop4planet bersama dengan BTS (ARMY) dan BlackPink (BLINK). BTS dan BlackPink adalah dua brand ambassador Tokopedia dari awal tahun 2021. Dan saat ini dua idol papan atas korea juga banyak menyuarakan pesan perubahan iklim kepada para fans mereka di acara-acara global. 

Nominasi dan petisi yang diserahkan para fans menunjukan bahwa fans kpop juga bisa meminta perusahaan bergerak menjadi lebih untuk bumi. Komitmen-komitmen dan langkah nyata dari semua sektor industri diperlukan untuk mempercepat usaha penurunan emisi. Di berbagai dunia, rencana dekarbonisasi atau net zero sudah diimplementasikan oleh perusahaan teknologi global seperti Amazon, Google, Netflix, dan Apple, serta rekan satu grup GOTO yaitu Gojek.

Perusahaan-perusahaan tersebut telah membuat pernyataan secara terbuka bahwa mereka tersedia untuk umum dan mereka tidak takut untuk mencapai target yang ambisius. Bagi Indonesia, dampak krisis iklim bisa meruntuhkan secara perlahan sektor-sektor andalan penopang ekonomi dan menjadi ancaman perekonomian nasional jika tidak ada gerakan kolektif. Indonesia tercatat memiliki tingkat penggunaan e-commerce tertinggi di dunia, dengan 80-90 persen dari 158 juta pengguna internet berbelanja di Tokopedia.

Hal ini yang juga menjadi alasan para penggemar K-pop merasa bahwa Tokopedia harus memimpin dengan memberi contoh dan membuat perubahan positif untuk bisa mendapatkan listrik dari sumber terbarukan. Langkah itu tentunya akan berdampak besar pada arah masa depan Indonesia dan perjuangan untuk keadilan iklim secara global.

Nurul, Kpop4Planet “Melalui petisi Tokopedia4Bumi yang ditandatangani 2.083 penggemar K-pop dari seluruh dunia, Kami menominasikan Tokopedia untuk segera melakukan perubahan positif dengan menggunakan energi terbarukan 100% pada tahun 2030.”  “Trend bisnis di masa depan adalah menggunakan energi yang bersih dan baik untuk bumi. 

Saat para idola kami sudah menyuarakan bahwa kita semua harus mempelajari dan bergerak bersama untuk terhindar dari dampak krisis iklim maka kami akan saling bekerja sama. Dan Tokopedia telah menggunakan pengaruh idola kami dalam bisnisnya.” Lanjut Nurul. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

 

Berita Terkait