Fakultas Teknik UI Kembangkan Bilik Disinfeksi Cepat

DEPOK – Bilik disinfeksi cepat (BDC)-04 telah dipasang di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) bersamaan dengan moveable hand washer (MHW) sebagai salah satu upaya mengurangi dampak penularan COVID-19.

Alat tersebut dikembangkan oleh Fakultas Teknik UI (FTUI) dan Ikatan Alumni FTUI (Iluni FTUI) yang rencananya akan didistribusikan ke berbagai tempat strategis, seperti pelayanan publik, puskesmas, pasar, terminal, dan sebagainya.

Dekan FTUI Hendri DS Budiono mengungkapkan, BDC-04 mampu membersihkan virus dan bakteri yang menempel pada pakaian dan permukaan tubuh dalam kurun waktu kurang dari sepuluh detik per orang.

“Dengan penyinaran sinar ultraviolet selama 5-10 detik, akan menghasilkan efektivitas 89-99 persen dalam menonaktifkan mikroorganisme, bakteri, dan virus yang menempel pada pakaian atau tubuh manusia,” ujar Hendri di Jakarta, 26 Maret 2020.

Sumber: ui.ac.id

Sinar ultraviolet (UV), lanjut Hendri, sudah umum digunakan dalam proses sterilisasi alat-alat kesehatan di rumah sakit selama lebih dari 30 tahun.  Selain itu, BDC-04 juga dilapisi dengan alumunium foil.

Ke depannya, Hendri beserta timnya mengaku terbuka untuk menerima masukan baik dari segi desain maupun teknologi yang ada di dalam BDC-04.

Di samping itu, ia juga menggalang donasi dengan mengundang kontributor alumni dan perusahaan untuk memperluas jangkauan distribusi alat tersebut.

“Kami berharap upaya lintas disiplin ilmu yang digagas UI dapat turut mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19,” kata Hendri.

Tags:
Bilik Disinfeksi CepatCovid-19FT UIUniversitas Indonesia
%d blogger menyukai ini: