Fakta Unik Komodo, Mulai Bertelur Tanpa Pejantan Hingga Punya Air Liur Beracun

08 September 2021 03:20 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Komodo (Istimewa)

JAKARTA  - Berdasarikan catatan National Geographic dan penelitian para ahli,  binatang purba Komodo merupakan kadal terbesar dan terberat di bumi.

Dari berbagai pengamatan, Komodo bisa tumbuh mencapai panjang 3 meter dengan berat hingga 136 kg. 

Hewan ini memiliki habitat di Pulau Komodo, Rinca, dan beberapa pulau kecil di Provinis Nusa Tenggara Timut (NTT).

 

Juga di beberapa kawasan bagian utara Manggarai dan Ngada, antara Riung hingga Reo, juga  ditemukan Komodo jenis lain, dengan ukurannya yang lebih kecil kecil dengan warna kulit yang lebih terang.

Ada beberapa fakta menarik tentang Komodo yang perlu Anda ketahui. Media ini coba merangkum dari berbagai sumber, termasuk LiveScience dan National Geographic.

 1.    Bisa Bertelur Tanpa Kawin

Ternyata Komodo betina bisa bertelur tanpa kawin Seperti biasanya pada masa kawin, Komodo jantan akan membuahi Komodo betina. Namun, bagaimana kalau tak ada jantan seperti dari pengamatan di sejumlah kebun binatang dalam dan luar negeri? 

Jika tidak ada Komodo jantan,  maka Komodo betina mampu bertelur tanpa proses pembuahan. Dalam ilmu bilogi kenyatan ini  disebut dengan isntilah parthenogenesis, yakni reproduksi aseksual yang memungkinkan sel telur tumbuh tanpa pembuahan.

 2.   Sudah Ada Sejak Puluhan Ribu Tahun

 Fakta lain yang menarik adalah bahwa kendati Komodo ini hanya ditemukan di Flores, Indonesia  dan berkeliaran di pulau sejak ratusan ribu tahun lalu di sana, asal muasal hewan ini masih menjadi perbedatan di antara para ahli. 

Ada yang mengatakan Komodo menyeberang dari Australia, sedangkan sebagian ahli yang lain mengatakan berasal dari Asia.   

 3.    Bisa Berenang

Meski dilabli sebagai buaya daratan, Komodo ternyata bisa berenang . Kendati demikian, Komodo lebih sering mendiami dan hidup di daratan.

 4.    Punya Insting Kanibal

Komodo juga bisa memakan anaknya sendir. Binatang kanibal yang sering disebut buaya darat ini bisa menyantap hewan buruan hingga 80% berat tubuhnya. Makanan sehari adalah rusa, babi, kerbau air. Namun manusia pun bisa dimangsanya. Terlebih lagi, Komodo dewasa juga sanggup memakan anak-anak Komodo alias kanibal. 

Untuk menghindari induknya, makan anak-anak Komodo biasanya akan tinggal di atas pohon.

 5.    Bisa Hidup Sampai Setengah Abad

Berapa usia Komodo? Binatang ini secara normal akan hidup antara 40 sampai 50 tahun.

6.    Punya Air Liur Mematikan

Air liur binatang purba ini adalah bisa yang mematikan, air liur komodo mengandung racun yang mematikan dan membuat tekanan darah menurun dan menghambat pembekuan luka.  Maka sekali terkena terkaman Komodo yang mengleluarkan air liur, darah akan mengucur tanpa henti, lalu pelan-pelan hewan buruan akan  mati lemas karena kehabisan darah. 

 

 

Tulisan ini telah tayang di floresku.com oleh redaksi pada 07 Sep 2021 

Berita Terkait