Faedah Bisnis ‘Kost’ Mewah, Tak Goyah Saat Wabah

JAKARTA – Bisnis indekos atau karib disebut kost-kostan memiliki prospek yang menjanjikan, khususnya untuk kota metropolitan seperti Jakarta. Wilayah Ibu Kota menjadi incaran ideal bagi perantau yang ingin mengadu nasib. Dari mulai pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga para eksekutif ekspatriat.

Tak heran jika rumah kost menjamur di setiap sudut Ibu Kota untuk memenuhi kebutuhan para pekerja yang mayoritas adalah pendatang dari berbagai daerah di seluruh pelosok Indonesia.

Usaha ‘ATM gedor’ ini terbilang cukup menjanjikan, terutama bagi para pensiunan. Apalagi, saat ini kondisi sedang sulit akibat pandemi COVID-19. Bisnis kost cukup bisa diandalkan di tengah kondisi krisis ini. Pasalnya, hunian merupakan suatu kebutuhan primer bagi siapapun.

Permintaan hunian sewa seperti kost di Jakarta cukup tinggi. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung fasilitas dan lokasinya. Mulai dari bedeng-bedeng tripleks bertarif murah meriah, hingga kelas premium nan mewah dengan harga sewa belasan juta setiap bulan.

Jika ditelisik, tak sedikit hunian kost yang disewakan dengan harga tinggi di atas Rp10 juta. Terutama untuk kost yang berlokasi di wilayah strategis dan kawasan elite Jakarta. Kemudahan akses, kelengkapan infrastruktur, maupun fasilitas pendukung menjadi nilai tambah tersendiri yang bisa membuat harga sewa selangit.

Ilustrasi salah satu kost mewah di Cilandak, Jakarta Selatan / Facebook @UrbaniteAtKemang
Pelajar Hingga Ekspatriat

Tinggal di kawasan pusat sosial dan komersial seperti Jakarta merupakan goals tersendiri terutama untuk generasi milenial. Dari mulai sekolah, universitas, kantor perusahaan nasional dan multinasional, hingga kantor pemerintahan terpusat di sini.

Seorang penjaga indekos mewah Nes Star 8 yang berlokasi di wilayah Jakarta Selatan, Didik, mengisahkan penghuni kost mayoritas merupakan warga negara asing (WNA) yang tinggal sementara untuk belajar maupun bekerja di Indonesia.

“Mereka kebanyakan bule, ada yang dari Korea, Singapura, dan Hong Kong. Kebanyakan mereka itu mahasiswa pertukaran pelajar di Universitas Atma Jaya, dekat dari sini,” jelas Didik saat berbincang dengan reporter TrenAsia.com, Kamis, 1 Oktober 2020.

Tak hanya pelajar dari negara tetangga, penghuni kost-kost mewah di Jakarta juga berasal dari golongan pekerja mapan. Didik menyebutkan, penghuni kost ada yang bekerja di perusahaan maupun di kantor pemerintahan. “Itu ada yang kerja di OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” tutur Didik.

Didik menyebutkan saat ini penghuni kost banyak yang mudik ke kampung halamannya terutama para pelajar dari negara asing. Kendati demikian, mereka tetap membayar sewa kost seperti biasa.

Mencari rumah indekos saat ini juga lebih mudah, bisa melalui aplikasi di ponsel seperti Mamikost / Mamikost.com
Semewah Hotel Berbintang

Para penghuni kost ini berani merogoh kocek yang dalam untuk membayar sewa indekos tersebut. Alasan bagi mereka, harga yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan finansial serta fasilitas yang didapatkan.

“Di sini dapat gratis laundry 20 pcs seminggu dua kali. Setiap berangkat kerja atau kuliah, kamarnya dibersihkan setiap hari. Ada parkiran untuk mobil. Ke mana-mana juga dekat,” ungkapnya.

Kost eksklusif Nes Star 8 ini memiliki fasilitas yang mewah bak hotel berbintang. Pintu masuknya pun full kaca layaknya hotel-hotel kelas atas. Saat masuk, tersedia lobby untuk tamu menunggu serta front office untuk petugas penjaga kost.

Hunian sewa mewah ini pun dilengkapi dengan lift. Hunian sewa yang berlokasi di Jalan Guru Mughni Nomor 8, Megakuningan, Jakarta Selatan ini terdiri dari lima lantai. Tiap lantai terdiri dari 12 kamar.

Terdapat dua pilihan jenis kamar yaitu tipe twin bed dan deluxe room. Tak kalah mewah dari hotel berbintang, kost ini juga dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC, TV berlangganan, internet, sofa bed, kamar mandi, hingga kulkas.

Selain itu, biaya listrik juga ditanggung oleh pengelola sehingga penghuni tak perlu lagi pusing untuk membayar tagihan setrum. Sistem keamanan juga sangat ketat yang dilengkapi dengan radio frequency identification (RFID) system dan sekuriti 24 jam, dan CCTV di setiap lantai.

Lokasinya juga strategis dan mudah diakses. Penghuni kost enggak perlu bingung untuk shopping ataupun hang out. Pasalnya, kost mewah ini dekat dengan sejumlah pusat perbelanjaan seperti Lotte Shopping Avenue, Plaza Semanggi, dan Mal Ambassador. Oleh karena itu, tak heran jika harga sewa kost mewah ini dipatok mulai dari Rp11,4 juta hingga Rp12,2 juta per bulan.

Fasilitas kost mewah biasanya seperti di hotel, bahkan memiliki kolam renang / Rukita.co
Party di Senopati

Kawasan Senopati, Jakarta Selatan, akhir-akhir ini menjadi kawasan hits bagi generasi milenial. Lantaran kawasan ini sekarang menjadi tempat hang out alias nongkrong kekinian. Di kawasan elite itupun juga bertebaran kost eksklusif nan mewah.

Salah satu kost yang dibanderol dengan harga belasan juta per bulan yaitu M Home. Hunian sewa ini juga sering menjadi penginapan favorit untuk pelancong yang ingin sekadar bersinggah harian. Fasilitasnya pun bisa ditandingkan dengan hotel berbintang.

Indekos mewah ini terletak di Jalan Senopati Nomor 32, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menariknya, hunian sewa ini memiliki roof top dengan furnitur klasik sehingga memberikan kesan mewah dan Instagramable. Spot ini cocok sekali untuk kaum muda yang senang nongkrong dengan suasana asyik ataupun sekadar menghabiskan waktu untuk bersantai saja.

Tak hanya itu, kost ini juga memiliki fasilitas lengkap lainnya. Misalnya cafe, pantry, bahkan salon pun tersedia di sini.

Terlebih, kost ini berada di pusat bisnis Jakarta. Lokasinya strategis hanya selemparan batu dari Sudirman Central Business District (SCBD), Mal Pacific Place, Senayan City, Blok M, dan Gelora Bung Karno (GBK). Harga sewanya dipatok mulai dari Rp14 juta hingga Rp17 juta per bulan.

Suasana kamar di Kost Mutiara Suite / Mutiarasuites.com
Antasari Berseri

Kost mevvah lainnya berlokasi di Jalan Pangeran Antasari Nomor 9 Jakarta Selatan. Suasana kamar kost Mutiara Suite ini tak kalah eksklusif dari hotel-hotel di kota besar. Mulai dari pemakaian furnitur hingga pencahayaan didesain sedemikian rupa sehingga nampak seperti hotel.

Mayoritas penguhi kost di sini lebih beragam. Mulai dari ekspatriat, karyawan, hingga mahasiswa. Kost mewah tersebut ditawarkan dengah harga sewa mulai dari Rp8 juta hingga Rp12 juta per bulan.

Ada tiga jenis kamar yang ditawarkan dengan ukuran yang berbeda. Ketiga tipe itu antara lain junior, standar, dan deluxe. Kost mewah ini pun dilengkapi fasilitas lengkap, bahkan ada kolam renang. Penghuni pun mendapat layanan pembersihan kamar dua kali seminggu.

Lokasi kost ini pun strategis dekat dengan Mal Cilandak Town Square (Citos) dan Kemang Village. Jadi, penghuni kost enggak perlu bingung kalau mau shopping atau sekadar belanja kebutuhan sehari-hari.

Warga menikmati waktu bersantai di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu, 30 Agustus 2020. Ruang terbuka hijau di tengah kawasan Ibu Kota tersebut menjadi salah satu tempat wisata alternatif bagi warga, khususnya kaum mileneal yang gemar berswafoto dan piknik menikmati senja disore hari. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Senayan Menawan

Hunian sewa mewah selanjutnya adalah Rumah Kost Tulodong atau disebut juga Kost Tirtayu Residence. Harga sewa kost ini dimulai dari Rp8 juta hingga Rp10,5 juta per bulan. Kost ini berlokasi di Jalan Tulodong Bawah II Nomor 2 Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tak kalah mewah dari kost eksklusif lainnya, kost ini juga memiliki fasilitas lift, pantry, ruang gym, bahkan hingga genset tersedia di sini. Fasilitas lainnya yang didapatkan oleh penghuni kost adalah AC, TV kabel, kulkas, kamar mandi, serta internet.

Selain lokasinya dekat dengan perkantoran, kost mewah ini juga dekat dengan tempat-tempat nongkrong hits seperti Hard Rock Cafe, Anomali Coffee, dan Beer Garden SCBD.

Ilustrasi pembayaran indekos dari penyewa / Pixabay
Prospek Bisnis Menjanjikan

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna menilai bisnis kost mewah sangat menjanjikan karena tentu omzetnya lebih tinggi dibandingkan dengan rumah indekos standar.

“Prospeknya menjanjikan selama standar kost-nya sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen,” kata Yayat saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Menurut Yayat, para pemilik kost mewah dapat mengantongi omzet ratusan juta per bulan. “Misalnya tidak perlu banyak-banyak, untuk 10 orang aja, kalau satu orang (tarif sewanya) Rp10 juta itu (omzetnya) sudah Rp100 juta per bulan,” tuturnya.

Dalam penjelasannya, pasar kost mewah memang sangat menarik terutama untuk daerah yang berada di ring satu Jakarta. Permintaan dan kebutuhan kost akan selalu ada meski dihantam pandemi COVID-19. Sebab, hunian adalah kebutuhan primer.

Terlebih, banyak pekerja yang rumahnya jauh dari lokasi kerja dan membutuhkan kost untuk efisiensi waktu sekaligus tenaga. Di kota metropolitan ini, banyak pekerja mapan namun tempat tinggal berada di luar Jakarta atau di daerah-daerah. Belum lagi kendala macet, maka kost adalah solusi hunian praktis bagi pekerja.

“Orang-orang yang punya rumah tapi enggak bisa tinggal dekat kantor karena macet, ya memilih tempat kost yang bagus. Mereka pegawai-pegawai yang sudah mapan tapi rumahnya jauh, kerja enggak bisa maksimal karena waktu habis di jalan. Maka satu-satunya cara ya tinggal di kost yang bagus, yang nyaman, dan standar hotel,” ungkap Yayat.

Dia menyebutkan para pekerja mapan ini cenderung memilih kost mewah ketimbang apartemen. Alasannya, kost mewah memiliki fasilitas lengkap yang bisa mengurangi beban pekerjaan rumah penghuninya. Misalnya, seperti fasilitas layanan laundry dan kebersihan.

“Jadi mereka tidak perlu repot mikirin cuci baju, setrika, dan bersih-bersih. Fasilitas lengkap sudah jadi satu. Kualitas yang seperti itu sudah menjadi sebuah kebutuhan,” ujarnya.

Yayat menambahkan, “Semakin tinggi penghasilan seseorang, maka kebutuhan akan kualitas itu semakin meningkat,” kata dia. Sebuah ide bisnis passive income yang menarik? (SKO)

Tags:
Bisnis KostEkspatriatHeadlinehunianHunian SewaKostKost EksklusifKost JakartaKost MewahPelajarPropertirumahtips bisnistips sukseswarga negara asing
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: