Erick Thohir Terjunkan Satgas Bencana ke Cianjur

22 November 2022 10:31 WIB

Penulis: Feby Dwi Andrian

Editor: Ananda Astri Dianka

Erick Thohir (TrenAsia)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir bergerak cepat menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana ke Cianjur, Jawa Barat.

Erick menyampaikan Kementerian BUMN bergerak cepat dengan memerintahkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia membantu penanganan dampak gempa di Cianjur.

Ia menambahkan, bahwa Satgas Bencana BUMN dipimpin oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku koordinator di lapangan.

"Kementerian BUMN melalui Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia langsung menuju lokasi bencana di Cianjur," katanya dalam keterangan resmi, Senin, 21 November 2022.

Erick melanjutkan, Satgas Bencana BUMN akan selalu berkoordinasi secara intensif dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Pemerintah daerah (Pemda).

Selain berkoordinasi dengan badan terkait, Satgas Bencana BUMN juga sudah mengerahkan sejumlah alat berat dan peralatan lain yang dibutuhkan. Mengingat banyaknya fasilitas umum (fasum) yang mengalami kerusakan.

Kendati demikian, Erick juga mengingatkan kepada Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk indonesia melakukan pemetaan terkait kebutuhan mendasar masyarakat terdampak.

"Paling penting saat ini BUMN hadir di tengah-tengah masyarakat terdampak, mendampingi mereka dan menyampaikan pesan bahwa mereka tidak sendiri," lanjut Erick.

Ke depan, Erick mengaku fokusnya adalah membantu pemulihan sejumlah fasilitas seperti sekolah, rumah ibadah, layanan kesehatan yang terdampak gempa.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sebagai koordinator Satgas saat ini terus mencatat kebutuhan-kebutuhan terkini masyarakat bersama BPBD daerah setempat.

Menurut Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana bantuan yang dibutuhkan masyarakat dalam masa darurat adalah pengerahan alat berat, ambulans, kendaraan rescue, tenaga medis, pembangunan tenda, dan alat tidur.

"Selain itu, genset dan BBM, air mineral, obat-obatan, sembako, kebutuhan pakaian layak pakai, hingga popok bayi," imbuh Lisye.

Jasa Marga juga sedang membuat posko Satgas BUMN di Kabupaten Cianjur. Jasa Marga menerjunkan anggota Tim Jasmapala atau Jasa Marga Pecinta Alam untuk membantu proses evakuasi dan bantuan darurat untuk korban bencana gempa.  

Berita Terkait