Erick Thohir Gencar Rombak Direksi BUMN, Kini Giliran Bos RNI

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir baru-baru ini melakukan perubahan susunan direksi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) alias RNI. Ia menetapkan Arief Prasetyo Adi sebagai Direktur Utama menggantikan Eko Taufik Wibowo.

Kebijakan tersebut sebagai upaya pemerintah dalam memperkuat peran RNI memimpin BUMN Klaster Pangan. Hal ini untuk menuju proses integrasi bisnis pangan guna meningkatkan kontribusi BUMN dalam mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Adapun, Arief Prasetyo Adi sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak di sektor pangan.

Amanah sebagai pucuk pimpinan perusahaan milik Pemprov DKI itu telah ia emban selama 5 tahun. Sebagai BUMD pangan, Food Station telah sukses merilis sejumlah produknya di pasar ritel.

Holding BUMN Pangan

Sebelumnya, rencana konsolidasi BUMN industri pangan melalui pembentukan holding BUMN pangan sudah melalui pertimbangan pelbagai aspek.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Kordinasi Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud, pada focus group discussion (FGD) Konsolidasi BUMN Pangan, Kamis, 12 November 2020.

“Saya support karena saya pikir rancangan pembentukan holding konsolidasi BUMN ini sudah dengan pertimbangan berbagai hal. Bukan hanya satu aspek tetapi juga berbagai aspek,” ujarnya dalam kegiatan tersebut.

Bagi Musdhalifah, pembentukan holding BUMN pangan merupakan salah satu solusi untuk menguatkan peran BUMN dalam berkontribusi kepada negara. Baik untuk mewujudkan ketahanan pangan, maupun meningkatkan kesejahteraan rakyat. (SKO)

Berikut susunan direksi RNI terbaru:

Direktur Utama: Arief Prasetyo Adi
Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha: Febriyanto
Direktur Keuangan: Pramusti Indrascaryo
Direktur Manajemen Aset: Endang Suraningsih
Direktur SDM: J. Nanang Marjianto

Tags:
BUMNBUMN Klaster PanganErick ThohirHolding BUMN PanganpanganPerubahan DireksiPT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)PT RNI
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: