Erick Thohir Angkat Eks Dirkeu Jasa Marga Donny Arsal jadi Dirut Semen Indonesia

22 Desember 2021 08:05 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Ilustrasi Menteri BUMN Erick Thohir membongkar jajaran direksi maupun komisaris perusahaan pelat merah. Grafis: Deva Satria/Trenasia (TrenAsia.com)

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir resmi menunjuk Donny Arsal menjadi Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR).

Donny menggantikan posisi Hendi Prio Santoso yang menjabat sebagai pucuk pimpinan perseroan sebelumnya. Keputusan ini diambil melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Selasa, 21 Desember 2021. Hendi Prio Santoso kini menjadi Dirut PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum alias MIND ID.

Donny Arsal merupakan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) dari 2017 hingga saat ini. Ia juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Jasamarga Bali Tol dari 2020 sampai sekarang.

Tak hanya itu, Donny juga sempat menduduki jabatan strategis lain di sejumlah perusahaan pelat merah. Di antaranya Senior Executive Vice President PT Mandiri Sekuritas pada tahun 2016 dan Managing Director PT Mandiri Sekuritas pada periode 2016 – 2017.

Pria kelahiran Payakumbuh, 24 Juni 1970 tersebut adalah lulusan S1 Ekonomi Universitas Indonesia pada 1994. Pada tahun ini, ia memperoleh gelar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Tinggi Manajemen IPMI.

Hasil rapat juga memutuskan memberhentikan dengan hormat Benny Wendry sebagai Direktur Produksi, Tri Abdisatrijo sebagai Direktur Engineering dan Proyek, Fadjar Judisiawan sebagai Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha, serta Tina T Kemala Intan sebagai Direktur SDM dan Hukum. 

Tak hanya perombakan jajaran manajemen, perseroan juga mengubah nomenklatur jabatan direksi perseroan dari semula Direktur Produksi menjadi Direktur Operasi, Direktur SDM dan Hukum menjadi Direktur SDM dan Umum, serta meniadakan jabatan Direktur Engineering dan Proyek. 

“Nama-nama tersebut digantikan oleh Yosviandri sebagai Direktur Operasi, Aulia Mulki Oemar sebagai Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha, dan Agung Wiharto sebagai sebagai Direktur SDM dan Umum,” dikutip dari keterangan resmi yang diterima Selasa, 21 Desember 2021.

Berita Terkait